https://e-journal.staibanisaleh.ac.id/index.php/wildan/issue/feed Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran - STAI Bani Saleh 2025-05-11T12:18:02+00:00 Muhamad Abdul Gofur opng38@gmail.com Open Journal Systems <p>Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran is a journal of Islamic Studies which published by STAI Bani Saleh Bekasi. This journal is published each semester. It is publication media for research results and the thougts of lectures, intelectuals, and the obesrver of Islamic Education studies. By upholding the spirit of multi disciplinary studies, the Wildan journal is providing various research report and articles which related to the field of <em>Early Childhood Education, Basic education, Mathematics and Science Education, Guidance and Counseling Education, Education technology, Character building, Special Needs Education, Global Issues in Education, Technical and Vocational Education, Language and Literature Education, Social Sciences Education, Education Management, Sports Science and Physical Education, and Learning Models and Strategies. </em>They are seriously studied in terms of islamic perspective. The substance of the writings is the responsibility of the writers and doesn't necessarily reflected the oppinion of the redaction.</p> https://e-journal.staibanisaleh.ac.id/index.php/wildan/article/view/47 Implementasi Teknologi AI (Artificial Intelligence) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 2024-03-19T01:00:45+00:00 Amalia Dwi Fitriani Msfitri72@gmail.com <p>Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan bagian integral dari kurikulum di banyak negara dengan mayoritas populasi Muslim. Dalam era digital ini, teknologi AI (<em>Artificial Intelligence</em>) telah menawarkan berbagai potensi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran PAI. Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap implementasi teknologi AI dalam konteks pembelajaran PAI melalui metode studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan, menelaah, dan menganalisis berbagai literatur terkait implementasi teknologi AI dalam pembelajaran PAI. Hasil analisis menyoroti berbagai aplikasi AI yang telah digunakan dalam konteks pembelajaran PAI, termasuk penggunaan chatbot untuk menjawab pertanyaan siswa, sistem pengenalan suara untuk membantu dalam bacaan Al-Qur'an, dan analisis sentimen untuk memahami persepsi siswa terhadap materi PAI. Implikasi praktis dan teoritis dari penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran PAI dibahas, termasuk tantangan yang dihadapi dan peluang yang tersedia. Diharapkan bahwa analisis ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan, peneliti, dan pengembang teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui integrasi yang lebih baik dengan teknologi AI.</p> 2023-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Amalia Dwi Fitriani https://e-journal.staibanisaleh.ac.id/index.php/wildan/article/view/32 Pembelajaran Seni Musik Islami Untuk Pembentukan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar 2025-05-06T02:04:10+00:00 Risqi Amelia ameliarisqi02@gmail.com Zulfa Musyafatul Khusna zulfamusyafatull@gmail.com Siti Nur Fadilah sitinurfadilah@gmail.com Dian Rif’iyati dian.rif’iyati@uingusdur.ac.id <p>Di dunia pendidikan musik mempunyai peranan yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran seni musik islami untuk membentuk pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menanfaatkan pendekatan dan metode dan teknik analisis deskriptif, dimana penelitian kepustakaan merupakan bahan kajian utama (library research). Think library research merupakan teknik penelitian yang melibatkan penelaahan, pembandingan, dan pengikhtisaran data dari berbagai penelitian terkait dari berbagai sumber referensi atau buku-buku penelitian terdahulu yang mendukung sumber penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mengajarkan nilai-nilai Islami; (2) Mengembangkan kesadaran; (3) Meningkatkan empati dan toleransi; (4) Meningkatkan keterampilan sosial; (5) Menginspirasi kreativitas; (6)&nbsp; Menumbuhkan rasa cinta terhadap al-Quran. Musik bukan lagi menjadi mata pelajaran yang bisa diabaikan kapan saja, juga bukan sekadar pengisi waktu luang untuk anak-anak yang mengikuti les musik. Tetapi hal yang penting dalam penerapannya dalam pembelajaran seni musik islami adalah bagaimana peserta didik menyerap nilai-nilai karakter yang ada, memahaminya, tertanam dan harapannya dapat melekat pada diri peserta didik secara permanen.</p> 2024-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Risqi Amelia, Zulfa Musyafatul Khusna, Siti Nur Fadilah, Dian Rif’iyati https://e-journal.staibanisaleh.ac.id/index.php/wildan/article/view/71 Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbahan Limbah Lingkungan Dalam Pembelajaran Sains Di RA Nurul Ihsan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi 2025-05-08T12:41:13+00:00 Muhamad Abdul Gofur opng38@gmail.com Misran Nuryanto misran.nuryanto@staibanisaleh.ac.id Faridatul Bahiyah Faridatulbahiyah2@gmail.com <p>Penelitian bertujuan&nbsp; meningkatkan kreatifitas anak pada alat permainan edukatif berbahan limbah lingkungan dalam pembelajaran sains. dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam mengenai perkembangan nilai motorik, bahasa, kreatifitas, rasa ingin tau anak &nbsp;melalui APE barang limbah di RA Nurul Ihsan Karang Bahagia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,&nbsp; wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan alat permainan edukatif dalam pembelajaran sains sangatlah membantu dalam meninkatkan pengembangan nilai berbahasa, melatih motorik, daya pikir anak dan lain sebagainya karena lebih sadar bahwa kita harus bisa menjaga alam dengan cara mengelola barang limbah menjadi sebuah permainan APE. Dengan menggunakan APE berupa barang limbah dalam pembelajaran sains, peserta didik merasa senang, dan dapat menambah pengetahuan, pengalaman bagi peserta didik.</p> 2024-08-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Muhamad Abdul Gofur, Faridatul Bahiyah, Misran Nuryanto https://e-journal.staibanisaleh.ac.id/index.php/wildan/article/view/72 Pengaruh Penggunaan Media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI As-Syahid Jatiasih Bekasi 2025-05-11T12:06:03+00:00 Mahfuji mahfuji@staibanisaleh.ac.id Nurhasanah nurhasanah@staibanisaleh.ac.id Nilam S Cahya nilams.cahya@staibanisaleh.ac.id <p>Pemahaman siswa mengenai konsep dasar Matematika masih kurang, terutama pada materi operasi hitung perkalian. Hal ini dikarenakan guru kurang memberikan variasi media untuk kegiatan proses belajar mengajar dan pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Takalintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI As-Syahid Jatiasih Bekasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dilakukan kepada dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan secara statistik dengan menggunakan uji-t pada α = 0,05 diperoleh nilai t hitung &gt; t tabel (16,922 ˃ 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis thitung jatuh pada daerah penolakan H0 atau penerimaan H1, artinya hasil belajar Matematika siswa menggunakan media Takalintar lebih tinggi dibanding dengan tidak menggunakan media Takalintar. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Takalintar terhadap hasil belajar Matematika di MI As-Syahid Jatiasih Bekasi.</p> 2024-08-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Mahfuji, Nurhasanah, Nilam S Cahya https://e-journal.staibanisaleh.ac.id/index.php/wildan/article/view/73 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Kepada Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDIT Nurul Islam Cikarang Barat 2025-05-11T12:18:02+00:00 Novia Kurniawati kurniawatinovia1@gmail.com Yuli Diah Saptorini yuli.diah@staibanisaleh.ac.id Widya Ismar widya.ismar@staibanisaleh.ac.id <p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena masih rendahnya kemampuan hasil belajar IPA pada siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada pelajaran IPA kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Islam Cikarang Barat Kabupaten Bekasi dengan 44 responden sebagai sampel utuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen, dengan menggunakan siswa kelas IV sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah test. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Islam Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa uji T dimana t <sub>hitung</sub> (4,296) &gt; t <sub>tabel</sub> (2,021) pada α = 0,05 hal ini menunjukkan bahwa perbandingan dua variabel yang signifikan.</p> 2024-08-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Novia Kurniawati, Yuli Diah Saptorini, Widya Ismar