techniques for accompanying children at SPS Bunga Tanjung

Penulis

  • Widya Ismar STAI Bani Saleh Bekasi
  • Yuli Diah Saptorini STAI Bani Saleh Bekasi
  • Eva Arifin STAI Bani Saleh Bekasi
  • Tine Mulyaningsih STAI Bani Saleh Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.54125/lentera.v1i01.59

Kata Kunci:

learning style, accompanying children to study

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah salahsatu kegiatan parenting yang mengambil tema Mendampingi Anak Belajar. Sasaran dalam kegiatan ini adalah orang tua siswa SPS Bunga Tanjung. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 20 orang tua siswa. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah orang tua mampu mengimplementasikan bagaimana cara yang baik mendampingi anak belajar di rumah. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah menggunakan metode ceramah, sharing session, dan diskusi. Untuk pemahaman mendalam mengenai materi ini, dilaksanakan tanya jawab diantara para peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diukur menggunakan kuesioner yang langsung dibagikan kepada orang tua dan diisi setelah mengikuti pelatihan. Hasil pengabdian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan orang tua akan cara mendampingi anak belajar di rumah. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman orang tua bahwa belajar harus disesuaikan dengan perkembangan anak dan keenam aspek harus dikembangkan sebesar 75%, orang tua memahami bahwa bermain adalah belajar sebesar 100%, orang tua memahami bahwa belajar harus diupayakan menyenangkan, dengan mengetahui gaya belajar anak dan menyesuaikan dengan cara belajar yang tepat sebesar 85%, orang tua sudah mengetahui gaya belajar anak dan siap belajar dengan cara yang sesuai dengan gaya belajar anak sebesar 80%.

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Widya Ismar, Yuli Diah Saptorini, Eva Arifin, & Tine Mulyaningsih. (2024). techniques for accompanying children at SPS Bunga Tanjung. LENTERA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 25–33. https://doi.org/10.54125/lentera.v1i01.59