PENERAPAN METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI DI SPS TABATA ISLAMIC PRESCHOOL KOTA BEKASI

Authors

  • Husna Muthiah Tsabitah STAI Bani Saleh Bekasi
  • Eva Arifin STAI Bani Saleh Bekasi

Keywords:

Metode Fonik, Membaca Permulaan Pada Anak Usia Din

Abstract

Banyak metode yang berkembang untuk membantu anak membaca, salah satunya dengan metode fonik. Selain membantu anak untuk membaca, metode ini sangat membantu anak dalam melatih berbicara, karena metode fonik berfokus pada pelafalan bunyi setiap huruf sehingga tanpa disadari anak akan berlatih melafalkan huruf dengan bunyi yang bervariasi. Metode fonik memiliki Penerapan dalam pembelajaran membaca permulaan yang sesuai dengan karakteristik anak yaitu dengan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode wawancara serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SPS Tabata Islamic Preschool yang terlibat langsung dengan penerapan metode fonik.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode fonik dalam kemampuan membaca permulaan dimulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran, media penunjang yang digunakan dalam metode fonik sangat beragam, mulai dari bernyanyi bersama, memainkan rangkaian games, tebak-tebakan, melakukan kegiatan dengan media Power Point dan Flashcard. Hasil dari pembelajaran metode fonik dapat dilihat dari semangat yang ditunjukkan anak-anak saat kegiatan pembelajaran dilakukan. Anak-anak merasa senang dengan cara belajar metode fonik, karena dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan dan aktivitas.

References

Agustin, Dwi. 2017. Peningkatan

Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B2 Melalui Media Stiker Alfabet Di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Jember : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Mohammad, Herlina,Mustikasari.

Easy Reader Metode Cepat dan Mudah Belajar Membaca Bahasa Inggris. Jakarta : Kawah Media

Okina, Mardila, dkk. 2021.

Enlightening Parenting 6 Tahun Pertama Periode Penting. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Pedoman Penulisan Skripsi. STAI

Bani Saleh. Kota Bekasi. 2021

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan No 146 Tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud 2017.

Retnomurti, A. dkk. 2019. Strategi

Pengenalan Membaca Phonics Method dalam Pengabdian kepada Masyarakat di Jakarta Selatan. Diakses pada 22 Desember 2022. https://dx.doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.473

Salamah, Agustin dan R. Nur. 2018.

Penggunaan Metode Cerdas Bahasa Indonesia Fonik (CBIFonik)Untuk Melatih Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Diakses pada 29 Januari 2022. https://ejournal.upi.edu/index.php/edukid/article/viewFile/20149/10205.

Samsu. 2017. Metode Penelitian:

(Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi : Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA),

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.

Sunarti, Sri. 2021. Pembelajaran

Membaca Nyaring di Sekolah Dasar. Jawa Tengah : Nasya Expanding Management.

Vitaloka, Hasan, dkk. 2020.

Pendidikan Karakte Bagi Anak Usia Dini. Bandung: Media Sains Indonesia

Widyastuti, Ana. 2018. Analisis

Tahapan Perkembangan Membaca Dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini 5–6 Tahun. Diakses 14 April 2022. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Dhjym5oAAAAJ&citation_for_view=Dhjym5oAAAAJ:UeHWp8X0CEIC

Downloads

Published

2023-08-30