MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI ISLAM KE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Laila Shofia Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Putri Nur Malasari Institut Agama Islam Negeri Kudus

Keywords:

Nilai-nilai Islam, Pembelajaran Matematika, Pendidikan Karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan matematika. Penelitian ini menerapkan studi kepustakaan. Langkah-langkah studi kepustakaan adalah dengan mengkaji sumber-sumber yang ada dalam perpustakaan, meliputi buku, dokumen, jurnal, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengembangkan siswa dengan karakter, guru harus meningkatkan dan memahami kapasitas siswa mereka untuk memasukkan prinsip-prinsip Islam ke dalam matematika. Dari sudut pandang pendidikan matematika, mengintegrasikan nilai-nilai Islam memerlukan menggabungkan pendidikan matematika dengan prinsip-prinsip Islam, yang akhirnya menghasilkan kesatuan yang bermanfaat. Menumbuhkan rasa percaya diri, tanggung jawab, adil, jujur, dan konsistensi terhadap aturan adalah semua hal yang baik tentang konsep matematika. Pemahaman tentang keesaan Allah SWT dengan konsep limit, pemahaman tentang keberadaan manusia di dunia dengan konsep geometri, dan pemahaman konsep kejujuran dan konsep perkalian, semuanya terkait dengan nilai-nilai Islam.

References

Ahmad, H., Febriyanti, F., & Tasni, N. (2020). Integrasi Al-Qur’an pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 14 (1), 25-38. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6768.25-38.

Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1 (1), 7-13.

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat & Loggika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Firdaus, A. I. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dalam Pembelajaran Matematika Materi Peluang.

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA. 346-352. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/49.

Handojo, B. H. (2007). Matematika Akhlak:Keajaiban Bahasa Bilangan untuk Mendidik Akhlak Mulia. Jakarta: Kawan Pustaka.

Hariyani, M. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-Nilai Islam. MENARA, 12 (2). 150-155.

Iftitahurrahmah, F. (2018). Mengintegrasikan Matematika dan Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika untuk Memperkuat Karakter Religius Siswa.

Jempa, N . (2017). Nilai-nilai Agama Islam. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 4 (2), 101-112.

Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwingi Bandung, 4 (2), 223-236. http://e-journal.skipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/85.

Nihayati. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an). Jurnal Edumath, 3 (1). 65-77.

Permatasari, A., Feladi, V., & Hodiyanto. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika pada Kelas X SMA Koperasi Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2 (1), 13-27. https://jurnal.mipatek.ikippggriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/56/pdf.

Ramli, M. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam ke dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mulawarman Banjarmasin. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 12 (2), 111-132. https://jurnal.uin.antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/viev/1677.

RI, Presiden. UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta, 2003).

Salafudin, S., & Abidin, M. Y. (2019). Pembelajaran Matematika Realistik dan Bermuatan Nilai-nilai Islam untuk Meningkatkan Karakter Religius, Jujur, Kreatif, dan Rasa Ingin Tahu di SMP/MTs. PT. Nasya Expanding Management.

Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya dan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Dasar pada SD/MI. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1 (1), 41-56.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta, Prestasi Pustaka.

Wulandari, S., Febrini, D., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Modul Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Jurnal Equation Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3 (2), 206-219. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/3483/2899.

Downloads

Published

2023-08-30