HUBUNGAN ANTARA KONTROL SISWA DENGAN TINGKAT AGRESI VERBAL SISWA KELAS IV SDIT AL-FUDHOLY SETU KAB. BEKASI

Authors

  • Iin Indri Yanni Kusumawati STAI Bani Saleh Bekasi
  • Abdul Gofur Muzamil STAI Bani Saleh Bekasi

Keywords:

Hubungan, Kontrol Siswa, Agresi Verbal, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara kontrol siswa dengan tingkat agresi verbal siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al-Fudholy Setu Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 siswa sebagai sampel utuh dengan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner kontrol siswa dan tingkat agresi verbal siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment yang dibantu dengan program Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan rxy = -0.623  dimana rhitung (-0.623) > rtabel (0.367) pada α = 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara kontrol siswa dengan tingkat agresi verbal siswa kelas IV di SDIT Al-Fudholy Setu Kabupaten Bekasi sehingga hipotesis diterima, semakin rendah kontrol siswa maka tingkat agresi verbal siswa semakin tinggi begitu juga sebaliknya dengan sumbangan efektif 38.81% yang dipengaruhi oleh variabel bebas dalam penelitian ini dan 61.19% lainnya dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.

References

Amaliyah, Rizqi. 2020. Hubungan Self Control Dengan Perilaku Agresi Verbal Peserta Didik di SMP Negeri 17 Bandar Lampung (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan.

Chaq, M. C., 2018. Religiusitas, Kontrol Diri dan Agresivitas Verbal Remaja. Jurnal Fenomena. Volume 27. No. 2.

Djaali, P. M., 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Hidayat, Suwarno. A. S., 2021. Konseling Kelompok Teknik Self Regulations of Emotion Untuk Mengurangi Agresif Verbal. Yogyakarta: K-Media.

Kusumastuti, Adhi. dkk. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.

Meriyati, 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press.

Mufida, Istati. 2016. Perkembangan Psikologi Anak di Kelas IV SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Volume 6. No. 2.

Mutia, 2021. Characteristics of Children Age of Basic Education. Jurnal Fitrah. Volume 3. No. 1.

Na'im, Zaedun. 2022. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung : Media Sains Indonesia.

Nugraha, A. A., 2020. Faktor Penyebab Perilaku Agresif Pada Peserta Didik Terhadap Guru dan Tenaga Kependidikan Kelas V di SD Negeri 2 Pakuan Agung Muara Sungkai Lampung Utara (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan.

Nur F, Laili. dkk. 2022. Teori Dasar Memahami Perilaku. Tulung Agung: Guepedia.

Noorhapizah. 2022. Teori Perkembangan Peserta Didik. Pidie Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Purwasih, Retno. dkk. 2017. Hubungan Kompetensi Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa SMK Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Volume 1. No. 1.

Rosalinda, Resty. dkk. 2019. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Agresi Verbal Pada Siswa Kelas X SMK "X" Gresik. Jurnal Penelitian Psikologi. Volume 06. No. 2

Siyoto, Sandu. M. A. S., 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing .

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, 2020. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Evaluasi. Pekalongan: Penerbit NEM.

Downloads

Published

2023-08-30