PEMANFAATAN APLIKASI WORDWALL BERORIENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN DASAR

Authors

  • Maulana Nurdin Yulian STAI Bani Saleh Bekasi
  • Nurhasanah STAI Bani Saleh Bekasi

Keywords:

Pemanfaatan, Aplikasi Wordwall, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep pemanfaatan aplikasi Wordwall berorientasi evaluasi pembelajaran di pendidikan dasar dan diharapkan peningkatan kuantitas dan kualitas peserta didik dalam evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa dalam menjawab soal Match Up IPA kelas II SD dengan skor 5 dan rata-rata siswa dalam menjawab soal Gameshow Quiz Matematika kelas VI SD dengan skor tertinggi 2.097 dan terendah 474. Dari hasil studi literatur ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan aplikasi wordwall berorientasi evaluasi pembelajaran pada usia sekolah dasar.

References

Azizah, H. N. 2020. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1), 1-16.

Bachry, H., & Yuwono, J. P. (n.d.). Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung (Studi Single Subject Research Pada Siswa Tunarungu Kelas III di SKH Negeri 02 Kota Serang Banten) . 15.

Kasta, B., dkk. 2021. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring (Online) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Haumeni Journal of Education, 1(2), 154-159.

Kemendikbud. 2020. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka Jakarta. Artikel disajikan dalam Siaran Pers Nomor: 137/sipres/A6/VI/2020. Diakses: 15 Juni 2020, dari www.kemendikbud.go.id: https://www.kemendikbud.go.id/main/files/download/d16ebb4e0e2245e

Mahardhani, A. J. 2020. Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Kenormalan Baru. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 65-76, HYPERLINK "https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76" doi:10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860, HYPERLINK "https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880" doi:10.31004/edukatif.v3i5.880

Putri, F. M. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supendi, P., & Nurhidayat. (2007). Fun Game. Jakarta: Penebar Plus.

Tyas, I. R., & Arsanti, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran di Era Society 5.0 pada Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring). 2, pp. 882-885. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro, HYPERLINK "https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1436/pdf" https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1436/pdf

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).

Downloads

Published

2023-08-30