PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE SAS DI RA HIDAAYATUSSHIBYAAN CIKARANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.54125/wildan.v1i1.3Keywords:
Peningkatan, Metode, Struktural Analitik Sistematik, Membaca Permulaan.Abstract
Tujuan umum penelitian ini secara umum untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS pada anak usia 5-6 tahun. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun dilihat dalam peningkatan dalam setiap siklus dimulai dari pra siklus sejumlah 36% lalu mulai masuk tindakan dalam siklus I menghasilkan nilai presentase sejumlah 45% lalu meningkat kembali dalam tindakan siklus II hingga mencapai presentase sejumlah 78% peningkatan tersebut meningkat sesuai dengan hipotesis yang sudah direncanakan sebelumnya untuk melebihi standar peningkatan sejumlah 71%.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Farhanah, Fitria Nur. 2019. Peningkatakan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Penerepan Media Lotto Pada Siswa Kelompok B ( 5-6 Tahun ) Di PAUD Asmaniah Kota Bekasi. Skripsi. STAI Bani Saleh Bekasi
Farhurohman, Oman. 2019. Pengembangan Model Bimbingan Belajar Membaca Berbasis Struktural Analitik Sintetik (SAS) di madrasah Ibtidaiyah. Journal IAIN Kudus Volume 7 nomor 1. Link http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i1
Khairiyah, Rahmatul. 2019. Peningkatan Minat Belajar Membaca Dengan Metode Storry Telling Pada Anak Usia 5-6 tahun di BIMBA AIUEO Bulak Kapal Permai Kota Bekasi. Skripsi. STAI Bani Saleh Bekasi
Lara fridani, Sri Wulan, dan Sri Indah Pujiastuti. 2018. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas terbuka.
Lubis, Silvia. 2018. Pengembangan Metode SAS Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. hlm. 4. PIONIR Jurnal Pendidikan ar-rainy Darussakam Banda Aceh Volume 7 Nomor 1. link 10.24269/jin.v2n1.2017.pp28-44
Luh Neli Antari, I Made Tegeh, dan Putu Rahayu Ujianti. 2019. Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha volume 7 nomor 2. Link https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD
Maguna Eliastuti dan Nur Irwansyah. 2018. Keefektifan Membaca Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa yang Kesulitan Membaca.Jurnal UNINDRA DEIKSIS Volume 10 nomor 01. Link http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2265
Marlena, Fitri. 2019. Penggunaan Metode SAS (Struktur Analisi Sintetik) dengan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 100 Seluma. Skripsi. IAIN Bengkulu.
Muriani, Yanie, Z. MS, dan Muchlas Suseno. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. ARRIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 2 Nomor 1 Link. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD
Rachmawati Mia. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Dinding Kata (Word Wall). Jurnal INDRIA. Link 10.24269/jin.v2n1.2017.pp28-44
Soifanah, Siti Wahyuningsih, dan Muhammad Munif Syamsuddin. 2020. Efektifitas Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal kumara Cendekia Volume 8 Nomor 3. Link. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Solchan T.W. 2009. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudijono Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Suwandi Sarwiji.2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.Surakarta: Yuma Pustaka bekerja sama dengan FKIP UNS
Uyun Zahrotul, Sayekti Tri. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan anak usia 5-6 Tahun Melalui Media Lego Huruf. Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019: Permainan Tradisional Vs Digital.Link http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/82.
Wardhani Igak, Wihardit Kuswaya. 2011. Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Universitas Terbuka.
Widayati Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Volume 6 nomor 1 Link : https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
Wiyani Ardy Novan. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Annis Khairunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This journal permits and encourages authors to post items submitted to the journal on personal websites or institutional repositories both prior to and after publication, while providing bibliographic details that credit, if applicable, its publication in this journal.