HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS II MI AL-FIRDAUS TELAGA MAS KOTA BEKASI

Authors

  • Noer Afni

Keywords:

Hubungan, Minat Belajar, Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadits.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas II . penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Firdaus Telaga Mas Kota Bekasi dari bulan Agustus sampai bulan September 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan korelasi dengan populasi dan sampel dengan jumlah yang sama sebanyak 28 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner (angket) menggunakan Skala Likert dan dikalibrasi dengan uji validasi. Uji validasi dihitung dengan memakai Expert judgement dan uji koefisien korelasi.Hasil penelitian ini menggunakan bantuan Ms.Excel. uji hipotesis melalui uji koefisien korelasi dan didapatkan hasil sebesar 0,970 > 0,374 menunjukan ada hubungan positif yang signifikasi antara dua variabel. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh sebesar 53,084 > 2,056 sehinga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan determinasi 94,09% prestasi belajar Al-Qur’an Hadits di pengaruhi oleh minat belajar dan 05,91% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwima. 2018. Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IV (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Haniq. 2016. Peningkatan Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Surat Al-Bayyinah melalui Penerapan Metode Drill Kelas IV (Karya Tuliah Ilmiah Skripsi). Semarang: Fakultas Ilmu Keguruan dan Tarbiyah UIN Walisongo.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Rahmad. 2019. Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS SD Negeri 2 Badransari (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro.

Rosyid, Moh dan Abdullah Aminol. 2018. Reward dan Punishment dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Satria. 2016. Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Se-gugus Nyi Ageng (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.

Slameto. 2010b. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soapatty Lisnawati. 2014. Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full day School) terhadap Prestasi Akademik Siswa SMP Jati Agung (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Sri Lestari. 2016. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-08-17