ANALISIS DESKRIPTIF PENERAPAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENCEGAH BULLYING DI SD BANI SALEH V KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.54125/wildan.v2i1.16Keywords:
penerapan collaborative learning untuk mencegah bullyingAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan collaborative learning untuk pencegahan bullying yang dilakukan di SD Bani Saleh 5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara,dokumentasi dan observasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kegiatan wawancara dari lima guru SD Bani Saleh 5. Metode pengumpulan data dengan cara teknik wawancara dilakukan dengan cara terstruktur karena menggunakan kisi - kisi instrumen wawancara sebelum dilakukan pembuatan Instrumen wawancara untuk narsaumber . Pengumpulan data dengan cara wawancara kepada guru , analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ternyata SD Bani Saleh 5 sudah menerapan collaborative learning sehingga tingkat bullying di sekolah tersebut rendah
References
Abdurrahman, Fatoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi (Jakarta: Rineka Cipta,2011)
Astuti, Pony Retno. 2008 . Meredam bullying 3 cara efektif meredam K.P.A (kekerasan pada anak). Jakarta: Grasindo
Black, S.A dan Jackson, E. 2007. Using bullying incident density to evaluate the olweus bullying prevention programmer. School psychology international, vol. 28.
Cheader, Al-wasilah, Pokoknya Menulis, (Bandung: PT Kiblat Buku Utama, 2007)
Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU Diterjemahkan oleh: Santi Indra Astuti. Jakarta PT. Serambi Ilmu Semesta
Dede Rosyada, 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana
Departemen Agama RI, 2005. Kepengawasan Pendidikan Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam
Elizabert E. Barkley, K. Patricia Cross, dan Claire Howell Major,. 2014. Collaborative Learning Techniques Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif, Bandung: Nusa Media
Elizabert E. Barkley. op. cit.,
Elizabert E. Barkley.op.cit.,
Fitria, Chakrawati. 2015. Bullying Siapa Takut?. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
E. Ktisti, Poerwandari. 1998 . Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian, Jakarta : Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi, Fak. Psikologi UI,
Morgi, Dayana. Tahun 2015. Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Dengan Metode Collaborative Learning Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak, Jurnal Penelitian Universitas Lampung.
Mudjijianti, Fransisca. (2011). School Bullying dan Peran Guru Dalam Mengatasinya. Naskah Krida Rakyat : Tidak diterbitkan
Rakhmat, Jalaludin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Ratna Juwita, Dipl. Psychl., dkk, 2005. dari buku Social Psychology 10 th. Edition. Jakarta: Erlangga. Boellstroff, Tom. Gay Archypelago
Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung :Alfabeta
Rigby, Ken. (2007). Bullying in schools: and what to do about it.Acer Press: Camberwell Australia.
SEJIWA, 2008. Bullying : Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta : PT Grasindo.
Siyoto dan Sodik. Op.Cit.
Soegiyono.Op.Cit.
Wirawan,2012 . Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta:Salemba Empat
Yusuf, Fahrudin. 2012. Perilaku Bullying: Assesmen Multidimensi dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi. Vol. 11, No. 2. Oktober 2012. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Slamet Ramdani, Yuli Diah Saptorini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This journal permits and encourages authors to post items submitted to the journal on personal websites or institutional repositories both prior to and after publication, while providing bibliographic details that credit, if applicable, its publication in this journal.