POLA MENGAJAR GURU DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Andri Yomson STAI Bani Saleh Bekasi
  • Misran Nuryanto STAI Bani Saleh Bekasi
  • Yuli Diah Saptorini STAI Bani Saleh Bekasi

Keywords:

Pola mengajar guru, Keberhasilan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisa pola mengajar guru dalam menunjang keberhasilan kegiatan P5 di Kelas IV SD PRATAMA, Kec. Setu Kab. Bekasi. Metode yang digunakan berupa penelitian kualitatif  dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kasus. Teknik pengumpulan datanya sendiri dilakukan dengan cara wawancara, observasi, angket atau kuesioner dan studi dokumentasi. Kebasahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber data. Data-data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan dengan teknik analisis data yang terdiri dari empat  tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola mengajar yang tepat dan konsisten dapat menunjang keberhasilan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dikelas IV SD Pratama Kec. Setu Kab. Bekasi guna mewujudkan enam dimensi profil pelajar pancasila yaitu Bertkawa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan global, Bergotong royong, Kreatif, Bernalar Kritis dan Mandiri dalam kehidupan sehari-hari.

References

Abdussamad HZ, 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Ditjen GTK Kemendikbud. 2022. Platform Merdeka Mengajar 2022. Jakarta. Kemendikbud Ristek

Gofur MA dkk. 2022. Pedoman Penulisan Skripsi STAI Bani Saleh. Bekasi.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo. Zivatama

Mia Roosmalisa Dewi 2022, Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka, Jurnal Inovasi Kurikulum, Vol. 19. No. 2. hlm. 222.

Mubarak ZA. 2022. Desain Kurikulum Merdeka Untuk Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Bandung: Zakimu.

Rahmadayanti D dan Hartoyo A, 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu. Vol. 6. No 4.

Rudiawan R dan Asmaroini AP. 2022, Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah, Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo: Vol. 6. No. 1.

Safitri A, Wulandari D, dan Herlambang YT. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalamMeningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu. Vol.. 6. No. 4

Satria R, dkk. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia

Sidiq U, Choiri MM, 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Wulandari, D.K. 2013. Dukungan aspek psikologi komunikatif dan variatif terhadap pola mengajar guru. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2023-08-30