PENGGUNAAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK DI TK LABSCHOOL STAI BANI SALEH KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.54125/wildan.v2i1.17Keywords:
STEAM, Kecerdasan Logika Matematika, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan metode STEAM dalam proses pembelajaran anak usia dini terutama pada kisaran umur 5- 6 Tahun terutama pada pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik halus dan kasar, intelektual dan kecerdasan
References
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rienka Cipta.
Al Hadi, 2013, Mushaf Latin (satu warna), Jakarta: Insani Media Pustaka
Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM Untuk Satuan PAUD tahun 2022
Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018
DIKMAS Sulawesi Selatan, 2019, Model Pembelajaran STEAM dengan Pendekatan Saintifik
J.Piaget, 1960, Psychology of intelligence
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.Journal Of Childhood Education. 2020. Vol 4. No 2.
H.Gardner, 1993, Multiple Intelligences - New Horizons
H.Gardner, 1983, Frame of Mind
Indria, Anita, 2020, Multiple Intelligence, (Jurnal Kajian dan pengembangan Umat)
Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mufarizudin, 2017, Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota (Jurnal Pendidikan Usia Dini)
Purwanti, Indah, dan Putri Rahardian Dyah Kusumawati, 2021, Implentasi Berpikir system dalam paradigma Pendidikan berbasis STEAM. Conference Paper.
R.J Sternberg, 2012, Dialogues in Clinical Neuroscience vol.14
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.
Zubaidah, Siti, 2019, STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Khodijah, Tine Mulyaningsih Mulyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This journal permits and encourages authors to post items submitted to the journal on personal websites or institutional repositories both prior to and after publication, while providing bibliographic details that credit, if applicable, its publication in this journal.