Analisis Deskriptif Penggunaan Metode Cerita Bergambar Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Islam Terpadu An-Nida Kabupaten Bekasi

Authors

  • Lisana Sidkin Aliya STAI Bani Saleh Bekasi
  • Tine Mulyaningsih STAI Bani Saleh Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.69

Keywords:

Penggunaan Metode, Bercerita Bergambar, Konsentrasi Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode cerita bergambar terhadap konsentrasi belajar anak di TK Islam Terpadu An-Nida. Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas A usia 4-5 tahun sebanyak 10 anak di TK Islam Terpadu An-Nida Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan metode cerita bergambar berkaitan dengan konsentrasi belajar anak di TK Islam Terpadu An-Nida. Peran guru dalam penggunaan metode cerita bergambar ini memudahkan antara guru dan anak terjalin komunikasi yang baik dengan cara membacakan cerita bergambar atau dongeng. Faktor yang menghambat konsentrasi anak bisa diatasi dengan berbagai macam solusi. Kelebihan pada penggunaan metode ini anak dapat memilih tema yang disesuaikan dengan minatnya sehingga konsentrasinya berjalan dengan baik dan kekurangannya bisa diatasi dengan guru sabar membimbing, mengajarkan dan mengulang setiap hari apa yang menjadi kesulitan anak dalam penggunaan metode bergambar. Solusi untuk anak yang kesulitan konsentrasi bisa diatasi melalui kerja sama antar guru, dan guru dengan orang tua murid.

References

Akbar, Elliyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

A Tabi'in. 2020. Problematika stay at home pada anak usia dini di tengah pandemi covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanawadi. Vol. 4 No.1

Dewi Mutataqien, M. dkk. 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Story Reading terhadap Perilaku Sosial Anak, Jurnal : Dirosah Islamiyah, Volume 3 Nomor 2

Fadlillah, M. 2017. Buku ajar bermain dan permainan anak usia dini. Jakarta: CV Prenada Group

Hidayati, Sri. 2021. Strategi pembelajaran anak usia dini. Surabaya: CV Kanaka Media

Khanza, Mutia, dkk. 2021. Penggunaan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini, : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 No 1

Rahmatillah, Ricci, dkk. 2018. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini, Aulad : Journal on Early Childhood

Sabilah, Nurlaela C. dkk. 2022. Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi, Jurnal Tahsina, Vol 3 No 1

Sahir, Syarifda Hafni, 2022. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16455,

Simatupang, Dorlince dan Mariana Putri Manurung, 2019. Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai, Jurnal : Usia Dini, Volume 5 No.1 Juni.

Sri Suhartini, S. dkk. 2021. Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 1

Sujiono, Yuliani Nurani, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syawalia Rafianti, Dwiyani Anggraeni, 2022. Pengaruh dongeng terhadap karakter anak usia dini.. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 1 No 26

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Lisana Sidkin Aliya, & Tine Mulyaningsih. (2024). Analisis Deskriptif Penggunaan Metode Cerita Bergambar Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Islam Terpadu An-Nida Kabupaten Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 3(1), 29–41. https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.69