ANALISIS DESKRIPTIF PERAN TAMAN BACA INOVATOR PADA KEGIATAN LITERASI BACA TULIS ANAK USIA DINI DI KECAMATAN BANTARGEBANG

Authors

  • Putri Choirunnisa

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v1i1.2

Keywords:

Peran, Taman Baca, Inovator, Literasi, Baca-Tulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Taman Baca Inovator dalam meningkatkan budaya literasi baca-tulis anak usia dini. Analisis data menggunakan data kualitatif dengan mendekripsikan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan studi dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Baca Inovator berperan penting dalam penanaman budaya baca-tulis maupun memberikan informasi minat dan budaya baca anak-anak usia dini Dalam pelaksanaannya, terdapat faktor pendukung dalam menjaga peran penting Taman Baca Inovator diantaranya sebagai tempat belajar bagi anak-anak dan masyarakat juga sebagai tempat wisata edukatif. Faktor penghambat dalam mempertahankan peran utama dari Taman Baca ini adalah mengoptimalkan strategi-strategi yang dimiliki dengan memaksimalkan perencanaan yang sesuai untuk membantu memenuhi kebutuhan literasi baca-tulis anak-anak usia dini. Keberadaan Taman Baca direspon dengan baik oleh para pengunjung diantaranya anak-anak usia dini, orang tua dan relawan.

References

Adibah, Nuryana, dkk. Tanpa Tahun. Hubungan Gerakan Literasi Dengan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII DI SMP NEGERI 8 Kota Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Diunduh Pada 29 Januari 2021. Pukul 14:23. sc.syekhnurjati.ac.id

Alfalah, Fajri. 2020. Menghidupkan Literasi di Masyarakat Melalu Taman Baca. https://youtu.be/byla-VarUE4. Diakses 14 Februari 2021.

Basyiroh, Iis. 2017. Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi vol 3 No.2.2017. Diunduh pada 2 Januari 2021. Pukul 12:25. 646-1472-1-SM.pdf

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Modul Suplemen KKG – BERMUTU. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fitriyah, Husniyatul, dkk. 2018. Keterampilan Membaca. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.

Forum Ekonomi Dunia 2015 dan 2016. Program Vokasi dan Literasi Bantu Tingkatkan Kemampuan Anak. Kendal. Diakses Pada Senin 1 Februari 2021. Pukul 20:02. REPUBLIKA.CO.ID

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta:Luxima.

http//kemdikbud.go.id. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Diunduh pada hari Rabu 11 Maret 2020 pukul 11:23.

Imron, Ali, dkk. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. Jurnal An-Nafs vol 1 No.2.2016. Diunduh pada 16 Januari 2021. Pukul 12:01. 295-Articles-1479-1-10-20190114.pdf

Jaka, Warsihna. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Teknodik Vol.4 No.2.2016. Diunduh pada 22 Januari 2021. Pukul 19.36. 286947-meningkatkan-literasi-membaca-dan-menuli-e1bdf00f.pdf.

Kbbi.kemdikbud.go.id. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Diakses Pada hari Sabtu 27 Februari 2021 pukul 21:47.

Kbbi.kemdikbud.go.id. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Diakses Pada hari Sabtu 2 Maret 2021 pukul 22:37.

Kbbi.kemdikbud.go.id. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Diakses pada hari Jumat 29 Januari 2021 pukul 15:32.

Maryatun, Ika, Budi. Peran pendidik PAUD dalam membangun karakter anak. (UNY).

Masri, Putra, Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT INDEX.

Maulidia, Wahyuni Endah. Studi Kasus Minat Baca Anak Di Taman Baca Kampung Pemulung Kalisari Damen Surabaya. Skripsi. Diunduh pada 9 Januari 2021. Pukul 19:21. Wahyuni Endah Maulidia_D91214104.pdf.

Mohammad, Zuhri, Terjamah JUZ`AMMA. 1979. Jakarta. Pustaka Amani.

Mulyasa. 2013. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

PEDOMAN PENYELENGGARAAN PROGRAM PERCONTOHAN TBM BERBASIS SOSIAL MASYARAKAT. 2012. Makasar:Direktorat Jendral Pendidikan Nonformal dan Informal.

Purwanto, Aris. 2018. Edukasi Literasi Anak Di Dusun Jayan Melalui Taman Baca Masyarakat Panggon Sinau. Publikasi Ilmiah. Diunduh pada 8 Januari 2021. Pukul 15:13. PDF (Naskah Publikasi).pdf

Rusmana, Agus, dkk. 2017. Peran Taman Baca Masyarakat (TBM) Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan vol.V/No.1.Juni 2017. Diunduh pada 10 Februari 2021. Pukul 22.54. PERAN_TAMAN_BACAAN_MASYARAKAT_TBM_BAGI_ANAK-ANAK_U.pdf

Saryono, Djoko, dkk. 2017. Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diunduh Pada 22 Januari 2021 Pukul 16:50. Gln.kemdikbud.go.id

Slamet, Y, St. 2017. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Surakarta : UNS Pers.

Sri, Wijayanti, Hapsari. 2019. Menggerakkan Literasi Baca-Tulis di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 2, No. 2, November 2019, Hal. 88-96. Diunduh pada 22 Januari 2021 Pukul 23:14. 7234-17446-1-SM.pdf.

Sujiono, Yuliani, Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Indeks

Suranggangga, I Made Ngurah. 2017. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu vol 3 No 2.2017. Diunduh pada 14 Februari 2021. Pukul 01.56. 195-387-1-SM.pdf.

Susi, Purwandari. 2012. Upaya Meningkatkan Keterrampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Penggunaan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SD Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. (Thesis) . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutarno NS. 2014. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran AUD Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Rosda.

Tarigan, Henry, Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Pedoman Penulisan Skripsi. 2020. Pedoman Penulisan Skripsi STAI Bani Saleh.

Undang, Sudarsana. 2007. Pembinaan Minat Baca Modul 6. Banten:Universitas Terbuka.

Undang-Undang republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 Ayat (2) tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNESCO. 2019. Literacy. Diakses Pada 31 Januari 2021. Pukul 14:27. https://en.unesco.org/themes/literacy.

___________2019. Berita / Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Diktat kuliah. UNIVERSITAS SOERJO NGAWI. Diakses pada 31 Januari 2021 Pukul 10:24. unsoer.ac.id

Wijayanti Hapsari Sri. 2019. Menggerakkan Literasi Baca-Tulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 2, No. 2, November 2019. Diunduh pada 22 Januari 2021 Pukul 23:14. 7234-17446-1-SM.pdf.

Downloads

Published

2022-08-17