ANALISIS DESKRIPTIF PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE OLEH GURU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT ATSSURAYYA CIKARANG UTARA

Authors

  • Anisa Lavenia

Keywords:

Media Online, Siswa Sekolah Dasar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mendeskripsikan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Oleh Guru Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Di SDIT Atssurayya Cikarang Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2021 di SDIT Atssurayya Cikarang Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan menggunakan teori Milles Hubermen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sekolah tersebut. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini  bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis online oleh guru pada pembelajaran matematika sangat berpengaruh terhadap peserta didik kelas IV. Penggunaan media pembelajaran berbasis online oleh guru pada pembelajaran matematika dapat membuat cara penyampaian materi lebih singkat dan jelas.

References

Afrita, Heksa. 2020. Pembelajaran Inkuiri Dimasa Pandemi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Arnesi, Novita, dan Abdul Hamid K. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris.Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan.Diakses.26 Januari 2021.Pukul 20.20 WIB.

Fahyuddin dkk. 2015. Perbandingan Metode Kolaborasi Dengan Contoh Tugas Dan Belajar Individual Dalam Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. JurnalCakrawala Pendidikan. Diakses. 7 Februari 2021. Pukul 10.50 WIB.

Hamdani, Acep Reni, dan Asep Priatna. 2020. JurnalIlmiah PGSD STKIP Subang. Diakses: 6 Februari 2021. Pukul 10.02 WIB.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2017. Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia (Buku Guru Kelas 5). Jakarta:Kemendikbud.

Kemendikbud. 2020. KBBI Daring. Diakses: 6 Februari 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/matematika

Kemendikbud. 2020. Pengalaman Baik Mengajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Direktorat GTK Pendidikan Dasar dan Direktorat GTK Kemendikbud.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomo 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari RumahDalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: kemendikbud.

Kiki, Nia. 2017. Diktat Belajar dan Pembelajaran Matematika.Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nurul Zuriah. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rudi, Susilo dkk. 2019.Kemampuan Critical Thinking Dan Hasil Belajar Kelas IV SD Tingkir Tengah 02. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Diakses. 7 Februari 2021. Pukul 13.48 WIB.

Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. 2020.Pembelajaran Daring Di Tengah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Diakses: 30 Januari 2021. Pukul 20.11 WIB.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tiona Pasaribu, Feri dkk. 2019.Pelatihan Merancang Pembelajaran Matematika Yang Inovatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Diakses. 7 Februari 2021. Pukul 14.11 WIB.

Wardani dkk. 2014. Perspektif Pendidikan SD. Tangerang Banten:Universitas Terbuka.

Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematikan Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. Diakses. 9 Februari 2021. Pukul 20.21 WIB.

Yusuf, Bilfaqih dan M. Nur Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Zaenal Aifin. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics).

Downloads

Published

2022-08-17