PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MOZAIK DI TKQ AL FALAAH KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Martauli Sirait

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Teknik Mozaik

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini melalui kegiatan teknik mozaik. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok B TKQ Al Falaah kabupaten Bekasi dengan sampel penelitian berjumlah 17 anak, dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus sampai 24 Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskripsi yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan. Pada kegiatan teknik mozaik Pra Penelitian diperoleh rata-rata sebesar 34 %. Dari hasil kegiatan teknik mozaik pada Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 58 %. Dan dari hasil kegiatan teknik mozaik pada Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 83 %. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini kelompok B TKQ Al Falaah kabupaten Bekasi melalui kegiatan teknik mozaik.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara Elisabeth B. Hurlock. Jilid 1 Edisi Keenam Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Fauziddin. 2021. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journalof studies in early childhood education.

Fridani, dkk. 2019. Modul Perkembangan Anak Usia Dini. Tangerang: Universitas Terbuka.

Khadijah dan Nurul Amelia. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Khairi, Husnuzziadatul. 2021. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Warna Vol.2.

Komaini, Anton. 2019. Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. Depok: Rajawali Press.

Mahmud dan Tedi Priatna. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita.

Muharrar, Syakir dan Sri Verayanti. 2013. Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang: Esensi Erlangga.

Nurlaili. 2019. Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Medan: Bumi Aksara.

Nur, Binti Avivah. 2017. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B2 Melalui Teknik Mozaik di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Permendikbud 137 dan 146. 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud RI.

Pujihastuti, Wiwik. 2018. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mosaik Pada Anak Kelompok B di TK Ngadirojo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 01. Nomor 01.

Rini, Endang. 2018. Perkembangan Motorik. Yokyakarta: UNY Press.

Rohendi, Aep dan Laurens Seba. 2019. Perkembangan Motorik. Bandung: Alfabeta

Salim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Kelas. Medan: Perdana Publishing.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2015. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang: Universitas Terbuka.

Solichah, Silvana. 2017. Keterampilan Mozaik. Yokyakarta: Indopublika. Tahir, Arifin. 2014. Perilaku Organisasi. Yokyakarta: Deepublish.

Yusuf, Syamsu. 2016. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-08-17