PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL

Authors

  • Rizky Asrul Ananda Universitas Trunojoyo Madura
  • Mufidatul Inas Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Pada perkembangan teknologi di zaman ini, memberi pengaruh terhadap karakter seorang anak. Teknologi yang tersedia menjadi ancaman bagi generasi penerus bangsa, karena pada perkembangan teknologi menjadikan anak-anak memiliki karakter yang buruk. Anak-anak menjadi candu untuk bermain hp tanpa konsep belajar. Padahal pendidikan merupakan hal penting untuk kelangsungan hidup. Karakter baik yang dimiliki seorang anak pun akan berubah dengan berjalannya waktu karena pengaruh negatif perkembangan teknologi yang disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu. Yang terjadi dizaman ini, orang tua juga dengan mudahnya memberikan hp untuk membuat anak nya diam padahal hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi sang anak. dan dari permasalahan yang terjadi penting untuk mengetahui apa itu pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, prinsip-prinsip pendidikan karakter, dan juga pengaruh teknologi pada pendidikan karakter.

References

Daryanto, Darmiatun Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (Gava Media: Yogyakarta), 68.

Departemen Agama RI. 2000. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Intermasa. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia.

Muhammad Amran, Erma Suryani Suhabuddin, Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Makasar: Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy Makasar, 255.

Miftah Nurul Annisa, Ade Wiliah. “Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/BintangPentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Das.” Jurnal Pendidikan Dan Sains, vol. 2, no. 1, 2020, pp. 35–48, https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Rubiani. Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Pada Sekolah Dasar Di Zaman Digital. no. 4, 2020, pp. 1–23.

Downloads

Published

2023-03-30