DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • yunike widianti universitas Trunojoyo Madura
  • Salsabila Indah Kurniawati Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

Dampak, Daring, Pendidikan Karakter

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Perubahan tersebut meliputi sikap, tingkah laku, kepribadian dan sistem pendidikan terhadap proses pembelajaran serta pemanfaatan media untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini didasarkan pada perubahan karakter siswa sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan tentang (1) pendidikan karakter, (2) pentingnya pendidikan karakter, (3) dampak pendidikan karakter yang dilakukan dalam pembelajaran daring, dan (4) menemukan solusinya. tentang permasalahan akibat perubahan sikap siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dari artikel dan jurnal sebelumnya yang berkaitan dengan penelitian ini dan metode wawancara dengan 10 responden di beberapa sekolah di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Dampak baiknya bagi siswa adalah meningkatnya keterampilan mereka di bidang teknologi, mereka dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk meningkatkan minat dan bakatnya secara mandiri. Namun, ada dampak buruk bagi siswa karena pembelajaran daring. Malas karena tidak ada keharusan untuk melakukan pembelajaran daring, kemudian terus menurunkan nilai karakter, dan terkadang menyendiri bisa membuat seseorang merasa down, sehingga kesehatan mentalnya bisa turun. Banyak sekali dampak buruknya daripada dampak baiknya. Namun hal itu bisa diperbaiki jika guru dan orang tua bekerjasama untuk melakukan pembelajaran daring. Guru dapat melakukan sharing session untuk menemukan masalah dan pemecahannya.

References

Carter V. Good. (1977). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : ALFABETA.

Cendekia, J. K., Bintari, R. H., Khotimah, N., & Surabaya, U. N. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN AUD DI MASA PANDEMI COVID-19. 9(3).

Febriana Tampu Bolon, Rosa Ramayani Purba, R. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 438.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61

Moral, K., Negeri, S. M. A., Lickona, T., & Kunci, K. (2022). STRATEGI GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 16 SURABAYA Annisa Sahabsari I Made Suwanda Abstrak. 10, 196–210.

Pangastutik, W., & Paksi, H. P. (2022). Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Mabung 2 Baron Nganjuk. Jpgsd, 10, 362.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Pendidikan. (2016). Pada KBBI Daring. Diambil 30 September 2022, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan

Penelitian, J. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : 7(4), 281–288.

Studi, P., Ekononomi, P., Effect, T., Online, O., On, L., Establishment, T., Students, O., Character, R., Maulida, R., Fraick, M., Gillian, N., Mangkurat, U. L., & Mangkurat, U. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2019 / 2020. Prospek I, 104–117.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251

Downloads

Published

2023-03-30