PENGGUNAAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK DI TK LABSCHOOL STAI BANI SALEH KOTA BEKASI

Authors

  • Siti Khodijah STAI Bani Saleh
  • Tine Mulyaningsih STAI Bani Saleh

Keywords:

STEAM, Kecerdasan Logika Matematika, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan metode STEAM dalam proses pembelajaran anak usia dini terutama pada kisaran umur 5- 6 Tahun terutama pada pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik halus dan kasar, intelektual dan kecerdasan

References

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rienka Cipta.

Al Hadi, 2013, Mushaf Latin (satu warna), Jakarta: Insani Media Pustaka

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM Untuk Satuan PAUD tahun 2022

Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018

DIKMAS Sulawesi Selatan, 2019, Model Pembelajaran STEAM dengan Pendekatan Saintifik

J.Piaget, 1960, Psychology of intelligence

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.Journal Of Childhood Education. 2020. Vol 4. No 2.

H.Gardner, 1993, Multiple Intelligences - New Horizons

H.Gardner, 1983, Frame of Mind

Indria, Anita, 2020, Multiple Intelligence, (Jurnal Kajian dan pengembangan Umat)

Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mufarizudin, 2017, Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota (Jurnal Pendidikan Usia Dini)

Purwanti, Indah, dan Putri Rahardian Dyah Kusumawati, 2021, Implentasi Berpikir system dalam paradigma Pendidikan berbasis STEAM. Conference Paper.

R.J Sternberg, 2012, Dialogues in Clinical Neuroscience vol.14

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.

Zubaidah, Siti, 2019, STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21.

Downloads

Published

2023-03-30