KEGIATAN MORNING MEETING SEBAGAI UPAYA PENANAMAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI AL-MUHAJIRIEN JAKAPERMAI
DOI:
https://doi.org/10.54125/wildan.v2i1.19Keywords:
Karakter, Morning Meeting, MI Al-Muhajirien JakapermaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan agenda penanaman karakter melalui kegiatan morning meeting di MI Al-Muhajirien Jakapermai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian deskriptif-kualitatif dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini berhasi menunjukkan dan menguraikan beberapa fakta. Pertama, penanaman karakter melalui kegiatan morning meeting di MI Al-Muhajirien Jakapermai berkesesuaian dengan teori-teori yang dikemukakan para ahli, yakni: (1) berdimensi moral dan sosial; dan (2) secara konstan mengakomodasi aspek pemikiran, perasaan, dan tindakan peserta didik. Kedua, berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan morning meeting di MI Al-Muhajirien Jakapermai memiliki prospek yang jelas dalam upaya penanaman karakter peserta didik.
References
Baryadi (e.d.), I. Praptomo. 2008. Pendidikan Nasional dalam Reformasi Politik dan Kemasyarakatan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Dweck, Carol S. 2020. Mindset. Tangerang: Penerbit BACA.
_________________.2021. Self Theories: Wawasan Psikologi Terbaru tentang Motivasi, Kepribadian, dan Pengembangan Diri, Tangerang: Penerbit BACA.
Kriete, Roxann dan Carol Davis. 2016. The Morning Meeting Book 3rd Edition. Messachusetts: Center for Responsive Schools.
Lickona, Thomas. 2019. Mendidik untuk Membentuk Krakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Sitanggang, A.R. Henry. 1994. Kamus Psikologi, Bandung: Penerbit CV. ARMICO.
Tim Penyusun. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional.
Tim Penyusun. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia V (Digital). Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
https://mialmuhajirien.sch.id/visi-dan-misi/. Diakses pada 5 Desember 2022. Pukul 15.39 WIB.
https://www.gymboglobal.jp/en-column/072-2. Diakses pada 5 Desember 2022. Pukul 20.01 WIB.
www.responsiveclassroom.org/what-is-morning-meeting/. Diakses pada 5 Desember 2022. Pukul 10.14 WIB.
(Wawancara) Guru Kelas, Ibu Meutia, S.Pd., pada 10 Juli 2022.
(Wawancara) Kepada MI Al-Muhajirien Jakapermai, Bapak Rojikin, S.Pd.I., pada 9 Juli 2022.
(Wawancara) Koordinator Infaq Siswa, Ibu Nuning Siti Mashithoh, S.Pd.I., pada 9 Juli 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This journal permits and encourages authors to post items submitted to the journal on personal websites or institutional repositories both prior to and after publication, while providing bibliographic details that credit, if applicable, its publication in this journal.