KEGIATAN MORNING MEETING SEBAGAI UPAYA PENANAMAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI AL-MUHAJIRIEN JAKAPERMAI

Authors

  • Ade Hidayat MI Al- Muhajirien Jakapermai Bekasi Barat; Sekolah Tinggi Agama Islam Bani Saleh

Keywords:

Karakter, Morning Meeting, MI Al-Muhajirien Jakapermai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan agenda penanaman karakter melalui kegiatan morning meeting di MI Al-Muhajirien Jakapermai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian deskriptif-kualitatif dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini berhasi menunjukkan dan menguraikan beberapa fakta. Pertama, penanaman karakter melalui kegiatan morning meeting di MI Al-Muhajirien Jakapermai berkesesuaian dengan teori-teori yang dikemukakan para ahli, yakni: (1) berdimensi moral dan sosial; dan (2) secara konstan mengakomodasi aspek pemikiran, perasaan, dan tindakan peserta didik. Kedua, berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan morning meeting di MI Al-Muhajirien Jakapermai memiliki prospek yang jelas dalam upaya penanaman karakter peserta didik.

References

Baryadi (e.d.), I. Praptomo. 2008. Pendidikan Nasional dalam Reformasi Politik dan Kemasyarakatan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Dweck, Carol S. 2020. Mindset. Tangerang: Penerbit BACA.

_________________.2021. Self Theories: Wawasan Psikologi Terbaru tentang Motivasi, Kepribadian, dan Pengembangan Diri, Tangerang: Penerbit BACA.

Kriete, Roxann dan Carol Davis. 2016. The Morning Meeting Book 3rd Edition. Messachusetts: Center for Responsive Schools.

Lickona, Thomas. 2019. Mendidik untuk Membentuk Krakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Sitanggang, A.R. Henry. 1994. Kamus Psikologi, Bandung: Penerbit CV. ARMICO.

Tim Penyusun. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia V (Digital). Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

https://mialmuhajirien.sch.id/visi-dan-misi/. Diakses pada 5 Desember 2022. Pukul 15.39 WIB.

https://www.gymboglobal.jp/en-column/072-2. Diakses pada 5 Desember 2022. Pukul 20.01 WIB.

www.responsiveclassroom.org/what-is-morning-meeting/. Diakses pada 5 Desember 2022. Pukul 10.14 WIB.

(Wawancara) Guru Kelas, Ibu Meutia, S.Pd., pada 10 Juli 2022.

(Wawancara) Kepada MI Al-Muhajirien Jakapermai, Bapak Rojikin, S.Pd.I., pada 9 Juli 2022.

(Wawancara) Koordinator Infaq Siswa, Ibu Nuning Siti Mashithoh, S.Pd.I., pada 9 Juli 2022.

Downloads

Published

2023-03-30