PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK KELAS IV DI SDN GEDONG 08 PAGI JAKARTA TIMUR

Authors

  • Andini Ayuning Tias STAI Bani Saleh
  • Muhamad Abdul Gofur STAI Bani Saleh

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v2i1.20

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh komunikasi orang tua terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Ex post-Facto dan menggunakan metode deskriptif korelasional. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara Komunikasi Orang Tua di Rumah terhadap Hasil belajar Matematika Anak Kelas IV di SDN Gedong 08 Pagi. Hal itu dibuktikan dari pengujian hipotesis dimana menunjukan bahwa nilai lebih kecil dari nilai  yaitu 0,116 < 0,339 pada taraf signifikansi 5%. Begitu juga pada pengujian  dimana nilai  lebih kecil dari  yaitu 0,681 < 1,69. Maka  diterima dan  ditolak.

References

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127-133.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224-235.

Inah, E. N. (2013). Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 176-188.

Khotimah, H. (2020). Factors That Influence Learning Mathematics. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 116-123.

Komariyah, S., & Laili, A. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558.

Machali, I. (2015). Statistik Itu Mudah: Menggunakan SPSS Sebagai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta: Ladang Kata.

Machali, I. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka An-Nur.

Muti'ah, R., & dkk. (2020). Literasi Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Universitas Singaperbangsa Karawang. 2, hal. 661. Karawang: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 659-663

Na'im, Z., & Fakhru Ahsani, E. L. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. PEDAGOGIKA, 12(1), 33-52.

Pratini, S. T., Sripatmi, Azmi, S., & Sarjana, K. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 570-577.

Sholihah, D., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.

Sianipar, R. (2015). Pengaruh Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan. Disertasi. Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan.

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Andini Ayuning Tias, & Muhamad Abdul Gofur. (2023). PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK KELAS IV DI SDN GEDONG 08 PAGI JAKARTA TIMUR. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 2(1), 42–55. https://doi.org/10.54125/wildan.v2i1.20