Pembelajaran Seni Musik Islami Untuk Pembentukan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar

Authors

  • Risqi Amelia Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Zulfa Musyafatul Khusna Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Siti Nur Fadilah Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dian Rif’iyati Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.32

Keywords:

Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Islam, musik, islami

Abstract

Di dunia pendidikan musik mempunyai peranan yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran seni musik islami untuk membentuk pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menanfaatkan pendekatan dan metode dan teknik analisis deskriptif, dimana penelitian kepustakaan merupakan bahan kajian utama (library research). Think library research merupakan teknik penelitian yang melibatkan penelaahan, pembandingan, dan pengikhtisaran data dari berbagai penelitian terkait dari berbagai sumber referensi atau buku-buku penelitian terdahulu yang mendukung sumber penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mengajarkan nilai-nilai Islami; (2) Mengembangkan kesadaran; (3) Meningkatkan empati dan toleransi; (4) Meningkatkan keterampilan sosial; (5) Menginspirasi kreativitas; (6)  Menumbuhkan rasa cinta terhadap al-Quran. Musik bukan lagi menjadi mata pelajaran yang bisa diabaikan kapan saja, juga bukan sekadar pengisi waktu luang untuk anak-anak yang mengikuti les musik. Tetapi hal yang penting dalam penerapannya dalam pembelajaran seni musik islami adalah bagaimana peserta didik menyerap nilai-nilai karakter yang ada, memahaminya, tertanam dan harapannya dapat melekat pada diri peserta didik secara permanen.

References

Airlanda, Puspitasari. 2021. “Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Seni Musik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(3):1683–88.

Irawana, Tri Juna, and Desyandri Desyandri. 2019. “Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3):222–32. doi: 10.31004/edukatif.v1i3.47.

Kartiningrum, Eka Diah. 2015. “Panduan Penyusunan Studi Literatur.” Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto 1–9.

Murniyetti, Engkizar, dan Fuady Anwar. 2016. “Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Karakter 156–66. doi: 10.21831/jpk.v6i2.12045.

Novi Nurhayati, Dewi prasetyawati D. H. dan Eka Sari Setianingsih. 2017. “Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Seni Musik Di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 143–46.

Panjaitan, Adi Putra. 2020. “Kekuatan Musik Dalam Pendidikan Karakter Manusia.” Melintas 35(2):174–94. doi: 10.26593/mel.v35i2.4040.174-194.

Rahmadany, Sari, and Yuliasma Yuliasma. 2020. “Upaya Penanaman Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Musik Di Smp Negeri 18 Padang.” Jurnal Sendratasik 10(1):298. doi: 10.24036/jsu.v9i2.110548.

Ruliati, Dkk. 2021. “Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Merdeka Belajar.” in 1. Palembang: CV. Interactive Literacy Digital.

Yufiarti, Dkk. 2023. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2024-08-25

How to Cite

Amelia, R., Khusna, Z. M. ., Fadilah, S. N. ., & Dian Rif’iyati. (2024). Pembelajaran Seni Musik Islami Untuk Pembentukan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 3(2), 85–90. https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.32