Implementasi Teknologi AI (Artificial Intelligence) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Amalia Dwi Fitriani Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.47

Keywords:

Artificial Intelligence, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan bagian integral dari kurikulum di banyak negara dengan mayoritas populasi Muslim. Dalam era digital ini, teknologi AI (Artificial Intelligence) telah menawarkan berbagai potensi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran PAI. Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap implementasi teknologi AI dalam konteks pembelajaran PAI melalui metode studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan, menelaah, dan menganalisis berbagai literatur terkait implementasi teknologi AI dalam pembelajaran PAI. Hasil analisis menyoroti berbagai aplikasi AI yang telah digunakan dalam konteks pembelajaran PAI, termasuk penggunaan chatbot untuk menjawab pertanyaan siswa, sistem pengenalan suara untuk membantu dalam bacaan Al-Qur'an, dan analisis sentimen untuk memahami persepsi siswa terhadap materi PAI. Implikasi praktis dan teoritis dari penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran PAI dibahas, termasuk tantangan yang dihadapi dan peluang yang tersedia. Diharapkan bahwa analisis ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan, peneliti, dan pengembang teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui integrasi yang lebih baik dengan teknologi AI.

References

Alismaiel, Omar A. (2023). “Digital Media Used in Education: The Influence on Cyberbullying Behaviors among Youth Students.” International Journal of Environmental Research and Public Health 20 doi: 10.3390/ijerph20021370.

Aulia, Aan Fitri, Masduki Asbari, and Siti Ayu Wulandari. (2024). “Kurikukulum Merdeka : Problematik Guru Dalam Implementasi Teknologi Informasi Pada Proses Pembelajaran.” JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT 03:65–70.

Baharuddin, B. (2015). Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Dan Kebudayaan. Al-Hikmah, 9(2), 180–205. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i2.323

Bassar, A. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2021). Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan di Era Global dan Multikultural. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 63–75. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.9577

Contreras, C., J. Rivas, R. Franco, M. Gómez-Plata, and B. Paula Luengo Kanacri. (2023). “Digital Media Use on School Civic Engagement: A Parallel Mediation Model | Medios Digitales y Participación Cívica Escolar: Un Modelo de Mediación Paralela.” Comunicar:89–99.

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426

David, D. (2021). Artificial Intelligence As Solution In Facing The Age Of Digital Disruption 4.0. JUDIMAS 1, 107–116

Fauziyati, W. R. . (2023) “DAMPAK PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), pp. 2180–2187. doi: 10.31004/jrpp.v6i4.21623.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi. Urnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 17(2), 79–90.

Ichsan, A. S., Sembiring, I. D., & Luthfiah, N. (2020). Pendidikan Islam Menghadapi Tradisi, Transisi, Modernisasi. Fitrah: Journal of Islamic Education. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE) ARTICLE HISTORY, 1(1), 107–123. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah

Ihsan, I. (2019). Pesantren-Based Madrasah: Curriculum Implementation Model and Integrative Learning. Addin, 13(2), 401. https://doi.org/10.21043/addin.v13i2.8078

Ilmusyariahdoktoral.uin-suka.ac.id. (n.d.). Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial dalam Bidang Hukum Islam. Ilmu Syariah (S3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://ilmusyariahdoktoral.uin-suka.ac.id/id/kolom/detail/558/pemanfaatan-kecerdasan-artifisial-dalam-bidang-hukum-islam

Maharani, R., Al Islami, M. A. A., Ramli, R. M., Rahman, W. A., & Agnesia, O. S. (2022). Dampak Era Globalisasi di Pendidikan (Pendidik dan Peserta Didik). Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 72. https://doi.org/10.30998/fjik.v9i1.10117

Marjuni. (2018) “LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM KOMPONEN TUJUAN PEMBELAJARAN PAI”, Inspiratif Pendidikan, 7(1), pp. 33–43. doi: 10.24252/ip.v7i1.4931.

Maufidhoh, I. & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. Abuya Jurnal Pendidikan Dasar 1, 30–43 E-ISSN: 30251591199 https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/indexMedia.

Nuzli, M. and Hamisah (2022) “PENINGKATAN KINERJA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI KELAS X SMAN 1 MERANGIN”, Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), pp. 84–94. doi: 10.54069/attaqwa.v18i1.219.

Nurochman. (2022). Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial dalam Bidang Hukum Islam. https://ilmusyariahdoktoral.uin-suka.ac.id/id/kolom/detail/558/blog-post.html diakses 30 Agustus 2022

Pengaruh Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan agama Islam. (n.d.). STUDENT JOURNAL of IAIN CURUP. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/916

Renata, S. & Salsabila, T. S. (2022). Penerapan Dasar Society 5.0 Di Bidang Pendidikan (Implementation Of Society 5.0 In Education). Diakses Dari Https//Www. Res. Net/Publication/363049924_Penerapan_Dasar_Society_50_Di_ Bidang_Pendidikan_Implementation_Of_Society_50_In_Education

Rubini, R. (2023), Penerapan Artificial Intelligence pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan …, journal.staimsyk.ac.id,<http://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/611>

Sabara, W. W. E. (2022). Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Hybrid Learning Menggunakan Wokwi Simulation. J. Media Elektr. 186–193

Syamsi, M. (2018) “Konsep Pendidikan Agama Islam; Studi atas Pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah”, Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(2), pp. 15–35. doi: 10.54069/attaqwa.v14i2.3.

Supriadi, S. R. R. P., Haedi, S. U. & Chusni, M. M. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligence Dalam Pendidikan Di Era Industry 4.0 Dan Society 5.0. J. Penelit. Sains Dan Pendidik. 2, 192–198

Wahdi Sayuti. (2018). Ilmu Pendidikan Islam: Memahami Konsep Dasar Dan Lingkup Kajian. https://mista.sch.id/read/35/ilmu-pendidikan-islam-memahami-konsep-dasar-dan-lingkup-kajian

Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan Dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indones. J. Softw. Eng. 9, 28–32.

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Amalia Dwi Fitriani. (2023). Implementasi Teknologi AI (Artificial Intelligence) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 3(2), 70–84. https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.47