Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbahan Limbah Lingkungan Dalam Pembelajaran Sains Di RA Nurul Ihsan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.71

Keywords:

Penggunaan, Alat Permainan Edukatif, Pembelajaran Sains, Barang Limbah, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian bertujuan  meningkatkan kreatifitas anak pada alat permainan edukatif berbahan limbah lingkungan dalam pembelajaran sains. dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam mengenai perkembangan nilai motorik, bahasa, kreatifitas, rasa ingin tau anak  melalui APE barang limbah di RA Nurul Ihsan Karang Bahagia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,  wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan alat permainan edukatif dalam pembelajaran sains sangatlah membantu dalam meninkatkan pengembangan nilai berbahasa, melatih motorik, daya pikir anak dan lain sebagainya karena lebih sadar bahwa kita harus bisa menjaga alam dengan cara mengelola barang limbah menjadi sebuah permainan APE. Dengan menggunakan APE berupa barang limbah dalam pembelajaran sains, peserta didik merasa senang, dan dapat menambah pengetahuan, pengalaman bagi peserta didik.

References

Ali, Nugraha. (2018). “Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini” Bandung: Rosdakaya.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2003). “Pembuatan dan Penggunaan APE (Alat Permainan Edukatif) Anak Usia 3-6 Tahun”. Jakarta.

Dewantara, A Harpeni, & Harnida, AB. (2020). "Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa", Journal of Primary Education, volume 1, no. 1, Juni 2020

Fillah Nadiyah Ulfiyah. (2023). “Pentingnya Alat Permainan Edukatif APE Bagi Anak”. Diakses: 26 September 2023.

Fadilah M. 2017. “Buku Ajar Bermain dan Permainan”. Jakarta: KENCANA.

Gofur, M. Abdul. dkk. (2022). “Pedoman Penulisan Skripsi”. Bekasi: STAI Bani Saleh Bekasi.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almansur. (2012). “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Haenilah .Y Een . (2015). “Kurikulum dan Pembelajaran PAUD”. Yogyakarta: Media Akademi.

Hanggara Rizza Fathwa. (2011). “Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Berkarya Topeng dalam Pembelajaran Sains Rupa di Kelas VII A SMP Negara 11 Mayog Jepara”, Skripsi, Semarang: Universitas Negari Semarang.

Jannah, Rodhatul. (2009). ”Media Pembelajaran”. Banjarmasin.

Kilmer, Hofman. (1995). “Transforming Science Curriculum”. Washington DC: NAEYC.

Latif Muchtar, dkk. (2014). “Orientasi Baru Guruan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi”. Jakarta: Kencana.

Lexy J. Meolong, (2002). “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. (1992). “Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru”. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Munawar Al Husin Agil Said. (2022). ”Al-Quran dan Terjemahnya Juz 1-30”. Surabaya: Mekar Surabaya

Mulyadi, S., (2004). “Bermain dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain)”. Papas Sinar Sinanti: Jakarta

Mulyani Novi. (2016). “Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini”. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Moleong, J Lexy. (2002). “Metodologi Penelitian Kualitatif”. PT Remaja Rosdakarya- Bandung.

Nurrita, T (2018), “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa”, MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah …, ejurnal.iiq.ac.id, https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2229

Nursento. (2013). “Media Pembelajaran”. Jakarta: Rajawali Pers.

Novi Mulyani. (2016). “Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini”. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Nugraha Ali. (2018). “Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini”. Bandung. JII. SI Fundations.

Purnamasari, L. D. (2013). “Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Retardasi Mental”. Jakarta : Kanisitus

Sanjaya, Wina. (2011). ”Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Proses Pendidikan”. Jakarta: Prenada Media.

Santrock, J. (2010). “Child Development (Thirteeth Editional)”. New York: McGrawHill.

Sugiyono, (2013). “Cara Muda Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi”. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2013). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan. Kombinasi (Mixed Methods)”. Edisi Keempat. Bandung: ALFABETA.

Supartini Yupi. 2002. “Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak”. Jakarta: Penerbit Kedokteran EGC.

Setiawati Dewi Ayu Gusti, Ni Wayan Ekayanti. (2021). “Bermain Sains Sebagai Metode yang Efektif Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini”. Vol.6. No. 2. Oktober 2021.

Serli, Merlina, dkk. (2020). ”Efektivitas Kemerdeaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrid Kabupaten Padang Pariaman”. Jurnal Ilmiah Potensi.

Wiyani Ardy Novan. (2016). “Konsep Dasar PAUD”. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Gofur, M. A., Nuryanto, M. ., & Faridatul Bahiyah. (2024). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbahan Limbah Lingkungan Dalam Pembelajaran Sains Di RA Nurul Ihsan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 3(2), 91–107. https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.71