Pengaruh Penggunaan Media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI As-Syahid Jatiasih Bekasi

Authors

  • Mahfuji STAI Bani Saleh Bekasi
  • Nurhasanah STAI Bani Saleh Bekasi
  • Nilam S Cahya STAI Bani Saleh Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.72

Keywords:

media Takalintar, hasil belajar Matematika, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pemahaman siswa mengenai konsep dasar Matematika masih kurang, terutama pada materi operasi hitung perkalian. Hal ini dikarenakan guru kurang memberikan variasi media untuk kegiatan proses belajar mengajar dan pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Takalintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI As-Syahid Jatiasih Bekasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dilakukan kepada dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan secara statistik dengan menggunakan uji-t pada α = 0,05 diperoleh nilai t hitung > t tabel (16,922 ˃ 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis thitung jatuh pada daerah penolakan H0 atau penerimaan H1, artinya hasil belajar Matematika siswa menggunakan media Takalintar lebih tinggi dibanding dengan tidak menggunakan media Takalintar. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Takalintar terhadap hasil belajar Matematika di MI As-Syahid Jatiasih Bekasi.

References

Arsyad, Azhar, (2014). “Media Pembelajaran”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Firdaus, Fery Muhamad, (2018). "Pengaruh Teknik Takalintar Terhadap Kemampuan Proses Kognitif Siswa Sekolah Dasar", Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7.3.

Herman, Hudojo, (1988). “Mengajar Belajar Matematika”. Jakarta: Tenaga Kependidikan.

Heruman, (2008). “Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ilyasa, Rizqi, (2018). “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi”, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol XVI, No 1, 2018.

Marjuki, Agustina, dkk. (2020). “Praktikum Statistik”. Malang: Ahlimedia Press.

Mulyadi, Muhammad, (2011). “Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta pemikiran dasar Menggabungkannya”, Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol. 15 No. 1 2011.

Republik Indonesia. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sari, Desi Ambar dan Rusnilawati, (2022). “Pengaruh Penerapan Model PBL dengan Media Takalintar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”, Vol. 6, Jurnal Obsesi, (2022).

Sudjana, Nana, (2019). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.”. Bandung: Alfabeta.

Sunal, C.S. & M. Haas, (1993). “Social Studies and the Elementary/Middle School Student”, (Fort Worth: Harcourt Brace Jovanovich College Publisher.

Surya, Damies. (2017). “Modul Statistika Pendidikan”. Tanggerang : UNPAM PRESS.

Suryani, Nunuk, dkk., (2018). “Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utami, Riska Dewi, (2019). "Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Media Papan Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Polengan Kecamatan Srumpung Kabupaten Magelang)", Online Journals, 2019.

Viktor, dkk. (2019). “Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman”. Vol.5. Jurnal Sain dan Informatika. 2019.

Wahidmurni, (2010), “Evaluasi Pembelajaran”, Yogyakarta: Nuha Litera.

Winkel, W.S., (2004), “Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar”, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Mahfuji, Nurhasanah, & Cahya, N. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI As-Syahid Jatiasih Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 3(2), 108–121. https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.72