PENERAPAN METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI DI SPS TABATA ISLAMIC PRESCHOOL KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.54125/wildan.v2i2.14Keywords:
Metode Fonik, Membaca Permulaan Pada Anak Usia DinAbstract
Banyak metode yang berkembang untuk membantu anak membaca, salah satunya dengan metode fonik. Selain membantu anak untuk membaca, metode ini sangat membantu anak dalam melatih berbicara, karena metode fonik berfokus pada pelafalan bunyi setiap huruf sehingga tanpa disadari anak akan berlatih melafalkan huruf dengan bunyi yang bervariasi. Metode fonik memiliki Penerapan dalam pembelajaran membaca permulaan yang sesuai dengan karakteristik anak yaitu dengan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode wawancara serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SPS Tabata Islamic Preschool yang terlibat langsung dengan penerapan metode fonik.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode fonik dalam kemampuan membaca permulaan dimulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran, media penunjang yang digunakan dalam metode fonik sangat beragam, mulai dari bernyanyi bersama, memainkan rangkaian games, tebak-tebakan, melakukan kegiatan dengan media Power Point dan Flashcard. Hasil dari pembelajaran metode fonik dapat dilihat dari semangat yang ditunjukkan anak-anak saat kegiatan pembelajaran dilakukan. Anak-anak merasa senang dengan cara belajar metode fonik, karena dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan dan aktivitas.
References
Agustin, Dwi. 2017. Peningkatan
Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B2 Melalui Media Stiker Alfabet Di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Jember : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Mohammad, Herlina,Mustikasari.
Easy Reader Metode Cepat dan Mudah Belajar Membaca Bahasa Inggris. Jakarta : Kawah Media
Okina, Mardila, dkk. 2021.
Enlightening Parenting 6 Tahun Pertama Periode Penting. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Pedoman Penulisan Skripsi. STAI
Bani Saleh. Kota Bekasi. 2021
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan No 146 Tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud 2017.
Retnomurti, A. dkk. 2019. Strategi
Pengenalan Membaca Phonics Method dalam Pengabdian kepada Masyarakat di Jakarta Selatan. Diakses pada 22 Desember 2022. https://dx.doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.473
Salamah, Agustin dan R. Nur. 2018.
Penggunaan Metode Cerdas Bahasa Indonesia Fonik (CBIFonik)Untuk Melatih Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Diakses pada 29 Januari 2022. https://ejournal.upi.edu/index.php/edukid/article/viewFile/20149/10205.
Samsu. 2017. Metode Penelitian:
(Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi : Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA),
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.
Sunarti, Sri. 2021. Pembelajaran
Membaca Nyaring di Sekolah Dasar. Jawa Tengah : Nasya Expanding Management.
Vitaloka, Hasan, dkk. 2020.
Pendidikan Karakte Bagi Anak Usia Dini. Bandung: Media Sains Indonesia
Widyastuti, Ana. 2018. Analisis
Tahapan Perkembangan Membaca Dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini 5–6 Tahun. Diakses 14 April 2022. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Dhjym5oAAAAJ&citation_for_view=Dhjym5oAAAAJ:UeHWp8X0CEIC
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Husna Muthiah Tsabitah , Eva Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This journal permits and encourages authors to post items submitted to the journal on personal websites or institutional repositories both prior to and after publication, while providing bibliographic details that credit, if applicable, its publication in this journal.