STUDI ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA ASPEK PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI MI SIRAAJUL UMMAH BEKASI

Authors

  • Yahdini Virdha Khoirunnisa

Keywords:

kreativitas guru, Pengembangan Seni Budaya dan Prakarya, Musik dan Kolase

Abstract

Kreativitas guru sangat diperlukan dalam pembelajaran, khususnya dalam materi pembelajaran tentang seni dan budaya. Masalah dalam penelitian tentang menganalisis kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran pada aspek pengembangan seni budaya dan prakarya di MI Siraajul Ummah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kreativitas guru dalam materi SBDP sub materi music dan kolase. Manfaat dari manfaat teoritis dan praktisi terutama bagi praktisi pendidikan seni di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Siraajul Ummah. Adapun sasaran penelitian pada kreativitas guru pembelajaran seni budaya sub materi music dan kolase di MI Siraajul Ummah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan analisis data model interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah kreativitas guru menggunakan media pembelajaran pada aspek pengembangan seni budaya sub materi musik dan kolase di MI Siraajul Ummah dilakukan dengan kendala, analisis pribadi, proses, press, dan produk dan factor yang mempengaruhi kreativitas guru , cara guru meningkatkan kreativitas, pemanfaatan lingkungan budaya dan alam gerak dan lagu. Saran dari penelitian ini adalah tenaga pendidik khususnya untuk pembelajaran seni budaya dan prakarya sub materi musik dan kolase harus memperhatikan kreativitas  guru dalam proses pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran.

References

Abdullah, Ramli. 2016. Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1.

Al-Baghdadi, Abdurrahman. 1991. Seni Dalam Pandangan Islam. Jakarta, Gema Insani.

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

AZ Mulyana. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Surabaya: Grasindo.

Jamal, Ma’mur Asmani. 2010. Tips menjadi guru inspiratif, kreatif, dan inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Maleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Munandar, Utami. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah : Petunjuk Bagi Para Guru Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia.

Nashori, Fuada dan Rachmi Diana Mucharam. 2002. Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta : Menara Kudus.

Octaviani, Srikandi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Vol. 9. No.2.

Prastowo, Andi. 2103. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta: DIVA Press.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas. Jakarta: Kencana.

S. Nasution. 1995. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Soetjipto & Raflis Kosasi. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Sumaryanto F. Totok. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: UNNES Press.

Shihab, M. Quraish. 2000. Wawasan Al-Qur’an. Jakarta: Mizan.

Shihab, M. Quraish. 2000. Wawasan Al-Qur’an. Jakarta: Mizan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 2007, Visimedia.

Downloads

Published

2022-08-17