PENERAPAN METODE EKSPLORATORY DISCOVERYPADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDIT AZZAHRA WANAJAYA CIBITUNG

Authors

  • Mintarti Mintarini

Keywords:

Eksploratory Discovery, IPA, Hasil Belajar, Siswa, Kelas IV

Abstract

Penelitian ini mengenai penerapan metode Eksploratory Discovery pada hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDIT Azzahra Cibitung. Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari masalah sering sekali problem yang dihadapi dalam proses belajar mengajar adalah kecenderungan para siswa yang kurang antusias begitu pula dalam pembelajaran IPA yang dialami pada siswa kelas IV diSDIT Azzahra Cibitung. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana para siswa dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran IPA. Metode Eksploratory Discovery sebagai salah satu metode alternatif dalam pembelajaran IPA yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan.Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan penerapan metode Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV diSDIT Azzahra Cibitung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Eksploratory Discovery pada mata pelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap peserta didik sekolah dasar. 

References

Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Ahmad, Abu dan Suvrivono Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Grup

Bungin, Burhan. 2007. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Daradjat, Zakiah. 2008. Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriana, Rina. 2019. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Iqbal. 2002. Metodologi pebelitian dan Aplikasinya. Jakarta; Ghalia Indonesia.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.

Jufri. 2016. Inspiratif Pendidikan. Diakses : 21 Maret 2021. http://journal.uin.-alauddin,ac.id/index.php.

Mardalis. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong,Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Maldino, Sharon.E.S. dkk. 2014. Intruction Technologi & Media For Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Nara, Hartini dan Siregar Eveline. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor.: Ghalia Indonesia.

Oemar, Hamalik. 2014. Teori Belajar. Bogor: In Media.

Priansa, Doni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rosmala, Amelia dan Isrok’atun. Model-model pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Rianto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Suhana, Cucu. 2015. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rieneke Cipta.

Sulistyanto, Heri. dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Sapriati, Amalia. Dkk. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan; Universitas Terbuka.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Salinan Pemendikbud Nomer 57. 2014.

Sudirman, 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.

Selvia, Reviani. 2016. diakses 22 Maret 2021 http://jim.stkip-pgri-sumber.ac.id/jurnal/4568.

Suherman, dkk. 2001. Common Tex Box Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-08-17