Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Strategi Reading Aloud Pada Siswa Kelas IIA SDN Jakasampurna VIII Bekasi

Authors

  • Enur Nopitasari STAI Bani Saleh Bekasi
  • Eva Arifin STAI Bani Saleh Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.64

Keywords:

Kemampuan, Membaca Permulaan, Strategi Reading Aloud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran-gambaran serta informasi tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan strategi reading aloud  siswa kelas IIA SDN Jakasampurna VIII Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 sampai dengan 27 Juli 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain intervensi tindakan /rancangan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pencapain kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 64 %. Rata-rata kemampuan siswa pada siklus I adalah 74% dan rata-rata kemampuan siswa pada siklus II 89 %. Berdasarkan peningkatan Prosentase tersebut, maka dinyatakan hipotesis tindakan dapat diterima. Dengan demikian dapa disimpulkan bahwa penggunaan strategi reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Achmad. 2012. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Hak Cipta.

Akhadiah, Sabarti dkk. 1993.B ahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Arifin, E. Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Desmita. 2009. Psikologi perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.

Farhana, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.

I.G.A.K. Wardani. 1995. Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikpud Dirjen Dikti.

Iskandarwassid, dan Sunendar D. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ismail SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: RaSAIL Media Group.

Kumara, Amitya, dkk. 2014. Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: PT Kanisius.

Maharani, Ervina. 2014. Panduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarya: Parasmu.

Marli’ah, Siti, dkk. 2021. Efektivitas Strategi Read aloud Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Universitas Ronggolawe Tuban, Vol.5, No.1, DOI: file:///C:/Users/Asus/Downloads/496-955-1-SM.pdf.

Muammar, Suhardi, dan Ali Mustadi. 2018. Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbasis Pendekatan Komunikatif untuk Siswa Sekolah Dasar. Mataram : Sanabil

Muammar. 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Munawir Yusuf. 2003. Pendidikan bagi anak dengan problema belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Nurul Hidayah dan Novita.”Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Indonesia pada Peserta Didik Kelas II C Semester II di MIN 6 Bandar Lampung T.A 2015/2016. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3, Nomor 1.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Rukminingsih, dkk. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Sabrina dan Laily. 2016. Perbandingan kemampuan Membaca Permulaan antara Siswa Kelas I melalui TK dengan tidak melalui TK di MI PGM Kota Cirebon.Al-Ibtida.Volume 3, Nomor 2.

St.Y.Slamet. 2017. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta : UNS Press.

Subini, Nini. 2015. Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Yogyakarta: PT Buku Kita.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Supriyadi, dkk.1992. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trelease, Jim. 2022. The Read Aloud Handbook Membacakan Buku dengan Nyaring, Melejitkan Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Mizan Publika (Anggota IKAPI).

Wahyudin, Nur Nasution. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Wibawa, Basuki. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Widayati Ani. 2008. Pendidikan Tindakan Kelas, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Vol.VI, No.1, DOI:https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/viewFile/1793/1487.

Yeti, Nurizzati.2014. Ketertolakan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas.Jurnal Ilmiah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Vol.III, No.1 DOI:http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1074560&val=9452&title=KETERTOLAKAN%20LAPORAN%20HASIL%20PENELITIAN%20TINDAKAN%20KELAS.

Zuchdi, Darmiyati, dan Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Enur Nopitasari, & Eva Arifin. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Strategi Reading Aloud Pada Siswa Kelas IIA SDN Jakasampurna VIII Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.64