PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA SDIT AL-FATH CIBITUNG
DOI:
https://doi.org/10.54125/wildan.v2i2.29Kata Kunci:
Kemampuan, Membaca Intensif, Strategi Directed Reading Thinking ActivityAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran serta informasi tentang peningkatan kemampuan membaca intensif melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2018 sampai dengan 20 September 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain intervensi tindakan/rancangan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata pencapaian kemampuan membaca intensif siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 61,36%. Rata – rata kemampuan siswa pada siklus I adalah 76,79% dan rata – rata kemampuan siswa pada siklus II 93,21%. Berdasarkan peningkatan prosentase tersebut, maka dinyatakan hipotesis tindakan dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa.
Referensi
Abidin, Yunus. 2016. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kusnandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta:Rajawali Pres.
Mulyati, Yeti dkk. 2011. Bahasa Indonesia. Jakarta : Universitas Terbuka.
Mulyati, Yeti dkk. 2014. Keterampilan Berbahasa Indonesia Di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Robbins, Sthephen P dan Judge, Timothy A. 2014. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Solchan T.W dkk. 2009. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Subana dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Sudarsana, Undang dan Bastiano. 2014. Pembinaan Minat Baca. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Sudjana. Tanpa tahun. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Pustaka Martiana.
Sudjiono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan pembelajaran. Lombok: Holistica.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Strategi Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Yasmin, Martinis. 2013. Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta : GP Press Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mar'atun Qonita
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This journal permits and encourages authors to post items submitted to the journal on personal websites or institutional repositories both prior to and after publication, while providing bibliographic details that credit, if applicable, its publication in this journal.