Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Tahfidz Qur’an Uwais Al-Qorny Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.70Kata Kunci:
Model interaktif, Berpikir kritis, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Tahfidz Qur’an Uwais Al-Qorny Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa sebagai sampel utuh dengan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah memberikan soal tertulis pada siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial yang dibantu dengan program Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis (uji t) didapatkan hasil thitung (11,645) > ttabel (2,201) pada α = 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan model pembelajaran interaktif dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Tahfidz Qur’an Uwais Al-Qorny, sehingga sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh sebesar 78% dari model pembelajaran Interaktif dan 22% lainnya dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.
Referensi
Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
B, Abdullah. 2017. Makna Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Makna Pembelajaran dalam Pendidikan. Vol.5. No.1. September 2017.
Djojosoediro, Wasih. Tanpa Tahun. Modul Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA SD.
Kumala, Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.
Marjuki, Agustina. dkk. 2020. Praktikum Statistik. Malang: Ahlimedia Press.
Khoerunnisa, Putri dan Syifa Masyhuril Aqwal. 2020. Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.4. No.1. Maret 2020.
Ramadhayani, Fadilah Nurul. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau SD Amaliyah Medan. (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Medan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Malang.
Satriawati dan Irman. 2019. Konsep dasar IPA SD. Banten: CV. AA. Rizky.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati, Elfa. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kelas VI Pada Pelajaran PKN SD NEGERI 09 Kabawetan. Vol.10. Februari 2017
Surya, Damies .2017.Modul Statistika Pendidikan.Tanggerang : unpam press.
Wahab, Gusnarib dan Rosnawati. 2021. Teori-teori belajar dan pembelajaran. Indramayu: Penerbit adab.
Wasahua, Safra. 2021. Konsep Pengembangan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Horizon Pendidikan, Vol 16. No 2. Desember 2021.
Widiantono, Nugroho dan Harjono Nyoto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Semarang. Vol.7. No. 3. September 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurhasanah, Kasyifah Siti Nurjanah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This journal permits and encourages authors to post items submitted to the journal on personal websites or institutional repositories both prior to and after publication, while providing bibliographic details that credit, if applicable, its publication in this journal.