ANALISIS DESKRIPTIF PENERAPAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENCEGAH BULLYING DI SD BANI SALEH V KOTA BEKASI

Authors

  • Slamet Ramdani STAI Bani Saleh
  • Yuli Diah Saptorini STAI Bani Saleh

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v2i1.16

Keywords:

penerapan collaborative learning untuk mencegah bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan collaborative learning untuk pencegahan bullying yang dilakukan di SD Bani Saleh 5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara,dokumentasi dan observasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kegiatan wawancara dari  lima guru SD Bani Saleh 5. Metode pengumpulan data dengan cara teknik wawancara dilakukan dengan cara terstruktur karena menggunakan kisi - kisi instrumen wawancara sebelum dilakukan pembuatan Instrumen wawancara untuk narsaumber .  Pengumpulan data dengan cara wawancara kepada guru , analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ternyata SD Bani Saleh 5 sudah menerapan collaborative learning sehingga tingkat bullying di sekolah tersebut rendah

References

Abdurrahman, Fatoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi (Jakarta: Rineka Cipta,2011)

Astuti, Pony Retno. 2008 . Meredam bullying 3 cara efektif meredam K.P.A (kekerasan pada anak). Jakarta: Grasindo

Black, S.A dan Jackson, E. 2007. Using bullying incident density to evaluate the olweus bullying prevention programmer. School psychology international, vol. 28.

Cheader, Al-wasilah, Pokoknya Menulis, (Bandung: PT Kiblat Buku Utama, 2007)

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU Diterjemahkan oleh: Santi Indra Astuti. Jakarta PT. Serambi Ilmu Semesta

Dede Rosyada, 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana

Departemen Agama RI, 2005. Kepengawasan Pendidikan Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam

Elizabert E. Barkley, K. Patricia Cross, dan Claire Howell Major,. 2014. Collaborative Learning Techniques Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif, Bandung: Nusa Media

Elizabert E. Barkley. op. cit.,

Elizabert E. Barkley.op.cit.,

Fitria, Chakrawati. 2015. Bullying Siapa Takut?. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

E. Ktisti, Poerwandari. 1998 . Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian, Jakarta : Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi, Fak. Psikologi UI,

Morgi, Dayana. Tahun 2015. Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Dengan Metode Collaborative Learning Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak, Jurnal Penelitian Universitas Lampung.

Mudjijianti, Fransisca. (2011). School Bullying dan Peran Guru Dalam Mengatasinya. Naskah Krida Rakyat : Tidak diterbitkan

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Ratna Juwita, Dipl. Psychl., dkk, 2005. dari buku Social Psychology 10 th. Edition. Jakarta: Erlangga. Boellstroff, Tom. Gay Archypelago

Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung :Alfabeta

Rigby, Ken. (2007). Bullying in schools: and what to do about it.Acer Press: Camberwell Australia.

SEJIWA, 2008. Bullying : Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta : PT Grasindo.

Siyoto dan Sodik. Op.Cit.

Soegiyono.Op.Cit.

Wirawan,2012 . Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta:Salemba Empat

Yusuf, Fahrudin. 2012. Perilaku Bullying: Assesmen Multidimensi dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi. Vol. 11, No. 2. Oktober 2012. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Slamet Ramdani, & Yuli Diah Saptorini. (2023). ANALISIS DESKRIPTIF PENERAPAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENCEGAH BULLYING DI SD BANI SALEH V KOTA BEKASI . Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 2(1), 27–41. https://doi.org/10.54125/wildan.v2i1.16