Pengaruh Metode Inside-outside circle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas III Di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi

Authors

  • Yuli Diah Saptorini STAI Bani Saleh Bekasi
  • Indah Rira Pramesti STAI Bani Saleh Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.68

Keywords:

Metode, Inside-outside circle, hasil belajar PAI, Sekolah Dasar Islam

Abstract

Penelitian dengan metode eksperimen kuantitatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inside -outside circle terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran PAI kelas III di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi. Data yang diperoleh oleh peneliti melalui tes essaydari siswa kelas III sebanyak 208 siswa dan 14 orang tenaga pendidik serta beberapa staf dan karyawan. Peneliti melakukan penelitian di dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas control. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen 81, lebih tinggi dari skor rata-rata posttest kelas kontrol. Hasil uji statistik menunjukan bahwa α = 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel ( 37,488 > 2,080 ), hal ini menunjukan maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode inside-outside circle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran PAI kelas III di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi sebesar 65% dan 35% dipengaruhi oleh factor lain. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode inside-outside circle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran PAI kelas III di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi.

References

Ariasih, Ayu Novi. dkk .2018. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V 1. In Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia (Vol. 1, Issue 1).

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Stategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIF). Bandung : Yrama Widia.

H. Hartini. 2018. PENERAPAN MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SD INPRES CAMBAYA KABUPATEN GOWA.

Isjoni. 2014. Cooperative Lerrning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabet.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif Edisi Revisi. Medan: Media Persada.

K, Weni Angrawati, K dan M, Djaswidi Al Hamdani.2018. Penggunaan Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1). http://riset-iaid.net/index.php/jppi

Majid, Abdul. 2014. Belajar dan Pembelajaran Guru Agama Islam. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Murni, Rita .2011. Skripsi. “Penerapan Teknik Inside-outside circle untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantern Salafiyah Nur Hidayah Bencah Kelubi Kecamatan Tapung”. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

Nafiati, D. A. 2021. Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika,21(2),. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Oktavianita, Agil. 2014. Skripsi “Peningkatan Motivasi Belajar Pkn melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) pada Peserta didik kelas V SD Negeri 09 Purwodadi Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. “ Jurusan Guruan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Guruan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rukmini, E. tanpa tahun. Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom.

Sudjana S. 2010. Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Prodution.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputri, Adinda Ageng. 2016. Skripsi “Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Inside-outside circle pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV A SD Negeri 2 Metro Pusat”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Guruan, Universitas Lampung.

Zulkifl. 2011. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Pekanbaru: Zanafa Publising.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Yuli Diah Saptorini, & Indah Rira Pramesti. (2024). Pengaruh Metode Inside-outside circle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas III Di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 3(1), 54–69. https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.68