Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Kepada Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDIT Nurul Islam Cikarang Barat
DOI:
https://doi.org/10.54125/wildan.v3i2.73Keywords:
Pengaruh, Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Inkuiri, Sekolah DasarAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena masih rendahnya kemampuan hasil belajar IPA pada siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada pelajaran IPA kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Islam Cikarang Barat Kabupaten Bekasi dengan 44 responden sebagai sampel utuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen, dengan menggunakan siswa kelas IV sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah test. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Islam Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa uji T dimana t hitung (4,296) > t tabel (2,021) pada α = 0,05 hal ini menunjukkan bahwa perbandingan dua variabel yang signifikan.
References
Dewi, P. Y. A. dkk. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
E Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hartini, Rosma. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Teras.
Inayati, Iin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan Tahun Ajaran 2018/ 2019. (Karya Tulis Ilmiah Skripsi), Banten: Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Kornelia. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Pada Siswa Kelas IV SDN Sidorejo Lor 05 Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2015/2016 (Karya Tulis Ilmiah Skripsi). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Kudisiah. HJ. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 4. No.2.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Abdurrahman. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Musrifah. (2019). Pengaruh Penerapan Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPS Murid kelas V SD No. 38 Tamarupa Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep Tahun Ajaran 2018/2019. (Karya Tulis Imliah Sripsi), Makasar: Universitas Muhammadiyah.
Nanang, Hanafiah dan Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama.
Putri, M Kurnia. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Tarhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik kelas IV di SDN 3 Pujodadi Pringsewu Tahun Ajaran 2021/2022. (Karya Tulis Ilmiah Skripsi), Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Samatowa, Usman. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada
Sapriyati. (2011). Pendidikan IPA. Bandung: Remaja Roda Karya.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Motivatif Dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: ArRuzz Media.
Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suadi, A Lipur. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Sistem Gerak Pada Manusia Melalui Pembelajaran Cooperative Scrip Pada Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 10 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP).
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyono. dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: ArRuzz Media.
Walid, Ahmad. (2017). Strategi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novia Kurniawati, Yuli Diah Saptorini, Widya Ismar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This journal permits and encourages authors to post items submitted to the journal on personal websites or institutional repositories both prior to and after publication, while providing bibliographic details that credit, if applicable, its publication in this journal.