Dampak Penggunaan Gagdet Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok A Di SPS Simba Mandala Bekasi

Authors

  • Muhamad Abdul Gofur STAI Bani Saleh Bekasi
  • Elpi Aisyah STAI Bani Saleh Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.63

Keywords:

Dampak, Penggunaan gagdet, Kemampuan berbicara, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi dari dampak penggunaan gagdet terhadap perkembangan berbicara anak usia dini kelompok A. Fokus pada penelitian ini untuk Untuk mengetahui dampak positif,dampak negatif dan Untuk mengetahui upaya terhadap dampak negatif gagdet pada anak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian dilakukan di SPS Simba Mandala Bekasi. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mengacu pada kisi-kisi pedoman wawancara serta dokumentasi. Narasumber disini yaitu 7 orangtua siswa dan satu orang guru. Teknik analisis data dalam penelitian meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif anak bisa meniru gaya bahasa, tingkah laku baik dan dapat bernyanyi dari tontonan mereka dan dampak negatifnya dengan gagdet komunikasi anak jadi satu arah hal ini bisa membuat kemampuan berbicara belum sesuai dengan tahap perkembangannya adapun upaya dari penggunaan gagdet terhadap perkembangan berbicara anak usia dini kelompok A, beberapa orangtua banyak menggunakan cara mengurangi waktu screen time dan mengalihkan perhatian anak dengan berbagai aktivias bersama. Dengan hal ini peneliti menyimpulkan bahwa adanya dampak dalam penggunaan gagdet terhadap perkembangan berbicara anak usia dini kelompok A.

References

Akbar, Eliyyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Angrasari, Anggun Pranessia. dan Rasi Rahagia. 2020. Pengaruh Penggunaan Gagdet Terhadap Perkembangan Bicara Dan Bahasa Anak Usia 3-5 tahun. Surabaya: Jurnal Keperawatan dan Profesi Ners IJPN Vol 1, No 1.

Arsjad, Maidar dan Mukti U.S. 2005. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Asti, R.D. 2019. Parenting 4.0 Mendidik Anak Di Era Digital. Klaten: Caesar Publisher.

Azkia, Nadaa. 2022. 7 Formula Baru Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Anak. Jombang: Detak Pustaka.

Bintoro, Yunda Catur. 2019. Upaya Orangtua Dalam Mengatasi Kecanduan Penggunaan Gagdet Pada Anak Usia Dini Di Desa Mandiraja Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Dhieni, N. dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Fajrin, Okky Rachma. 2015. Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile Gagdet Dan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak Sekolah Dasar Gresik. Gresik: JURNAL IDEA SOCIETA VOL 2 NO 6

Gunarti, W. dkk. 2018. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Haruna, Sri Rahmah, dkk. 2022. Faktor Yang Berhubungan Dengan Gagdet Addicted Pada Anak Usia Dini Sekolah Dasar. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Haura, Farah Maulida. dkk. 2022. Peran Screen Time dan Gagdet Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Kota Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Jamaris, Martini. 2003. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Program Pendidikan Anak Usia Dini PPS UNJ.

Jati, Donny Indra Purnama. 2013. Aplikasi Pembelajaran Dasar Fotografi Berbasis Multimedia. Semarang: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG

Khasanah, Uswatun. dkk. 2022. Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Menggunakan Big Book. Jakarta: Kencana.

Madyawati. Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mukarromah, Titik. 2019. Dampak Penggunaan Gagdet Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak. Metro Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

Pudiyastuti, Rita Rena. 2023. Penggunaan Gagdet Bagi Anak. Lombok tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.

Rakhmawati, Ika Sari. 2021. Analisa Dampak Penggunaan Gagdet Pada Kemampuan Berbicara Anak. Surabaya: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Samosir, Fransiska Timoria. dkk. 2018. Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa, Bengkulu: Record and Library Journal, Volume 4, No. 2.

Siregar, Irma Suryani. 2022. Dampak Penggunaaan Gagdet Pada Anakusiadinistudi Kasus Pada Anak Usia Dini Desasiolip. Natal: TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol.2 No. 1,

Sitorus, Fredrick Gerhad. 2018. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik-Tok Terhadap Perilaku Anak (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Pada Remaja Di Kota Medan). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Suciati. 2017. Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Kudus: STAIN Kudus

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.

Sukmawati, Bhennita. 2019. Pengaruh Gagdet Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun Di Tk Buah Hati Kita. Jember: PLB IKIP PGRI JEMBER Vol. 3 No. 1

Yannuansa, Nando. dkk. 2020. Pengaruh Gagdet Pada Anak-Anak. Jombang: LPPM Unhasy Tebuireng Jombang

Veronica, Diana Putri. 2020. Berapa Jam Waktu Ideal Anak Gunakan Gagdet setiap Hari? Alodokter. 29 Maret 2023 Pukul 17.50 WIB.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Muhamad Abdul Gofur, & Elpi Aisyah. (2024). Dampak Penggunaan Gagdet Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok A Di SPS Simba Mandala Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran - STAI Bani Saleh, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.54125/wildan.v3i1.63